Ternyata Ini Rahasianya Membuat Dadar Telur dengan Bentuk Sempurna

Telur dadar merupakan salah satu menu paling mudah yang bisa kita sajikan di rumah. Jika sedang malas masak, telur dadar sering menjadi pilihan.

Ternyata Ini Rahasianya Membuat Dadar Telur dengan Bentuk Sempurna
NOVA
Telur dadar 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Telur dadar merupakan salah satu menu paling mudah yang bisa kita sajikan di rumah. Jika sedang malas masak, telur dadar sering menjadi pilihan.

Selain dengan menambah isinya dengan macam-macam bahan dan membumbuinya dengan aneka rempah, kita juga bisa membuatnya bulat dan cantik sempurna.

Apabila dibuat tipis, kita tidak perlu membaliknya. Sebaliknya, jika ukurannya tebal, ia harus dibalik ketika setengah matang agar matangnya sempurna.

Baca: Jangan Salah. Lima Jenis Makanan Ini Ternyata Mengandung Gula Tinggi

Masalahnya, apabila bentuknya saja sudah tebal, hal tersebut akan sulit dilakukan. Bahkan telur bisa patah di tengah-tengah.

Namun, jangan khawatir ikuti cara berikut:

1. Untuk dadar berukuran tebal dengan isi yang banyak, kita bisa menggunakan dua buah wajan datar sama besar. Masak telur hingga setengah matang di atas wajan pertama.

2. Jika sudah ingin membaliknya, gunakan wajan kedua. Tangkupkan di atas wajan pertama, lalu balik dengan cepat sehingga posisi wajan kedua berada di bawah dan wajan pertama berada di atas. Niscaya telur bagus dan tetap bulat sempurna.

3. Dalam cara tersebut, syaratnya adalah kedua wajan harus anti lengket. Jika tidak, telur akan menempel di dasar wajan pertama. Saat dibalik, bisa-bisa ia hancur.

4. Untuk dadar berukuran tipis, seringkali kita tetap ingin membaliknya. Tujuannya adalah menghilangkan kesan basah yang ada di bagian atas telur walaupun belum tentu basah itu berarti tidak matang.

Jika seperti ini, kita bisa menggunakan spatula kayu untuk membaliknya. Selipkan spatula kayu di bawah telur, lalu balik dengan hati-hati dan cepat. Namun ingat, sebelum dibalik bagian atas telur sudah harus tidak berbentuk cair lagi. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help