Inspirasi Hunian

Jangan Buang Sampah Organik Dapur. Kita Sulap Jadi Pupuk, Yuk!

Sebagian besar pupuk kompos yang berasal dari sampah dapur merupakan sampah organik yang terdiri atas sampah sayuran dan buah-buahan.

Jangan Buang Sampah Organik Dapur. Kita Sulap Jadi Pupuk, Yuk!
IDEA ONLINE
sampah organik 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Setiap rumah, rata-rata menghasilkan sampah organik yang berasal dari dapur. Mulai sampah kulit buah, sayuran hingga sampah organik lain.

Nah, daripada sampah-sampah itu hanya berakhir di keranjang sampah bagaimana kalau sampah itu diolah menjadi pupuk organik cair? Tak hanya mengurangi jumlah sampah, pupuk tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. 

Sebagian besar pupuk kompos yang berasal dari sampah dapur merupakan sampah organik yang terdiri atas sampah sayuran dan buah-buahan. Sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai.

Dengan pengolahan yang tepat, sampah ini dapat menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman Anda. Bagaimana cara pembuatannya?

(Baca: Hidangkan Nasi Goreng Teriyaki Untuk Keluarga. Cek Resepnya)

(Baca: Darah Menstruasi Deras Lebih Dari 8 Hari? Waspadai Lima Gangguan Kesehatan Ini)

(Baca: Ternyata Uap Panas Masakan Bisa Sebabkan Flek Kulit. Begini Cara Menghindarinya)

*Kumpulkan sampah sisa rumah tangga Anda. Pastikan sampah telah dipisahkan antara yang organik dan non-organik. Sampah yang akan digunakan untuk membuat pupuk adalah sampah organik. Untuk sampah sayuran, gunakan sayur yang belum melalui proses pemasakan.

*Cincang sampah organik dengan ukuran 1-2cm. kemudian masukkan ke dalam ember besar.

*Diamkan sampah hingga membusuk. Untuk proses pembusukannya, Anda bisa membiarkan sampah membusuk dengan sendirinya atau dipercepat prosesnya dengan menggunakan larutan EM4. Larutan ini bisa didapat pada berbagai toko yang menjual keperluan bercocoktanam.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved