TribunBatam/

Tiba-tiba Pingsan, Cek Tujuh Penyebab yang Tak Bisa Disepelekan

Pernah mengalami kehilangan kesadaran sesaat atau pingsan? Ketika pingsan irama jantung sedang tidak normal dan suplai oksigen ke otak menurun.

Tiba-tiba Pingsan, Cek Tujuh Penyebab yang Tak Bisa Disepelekan
NOVA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Pernah mengalami kehilangan kesadaran sesaat atau pingsan? Ketika pingsan irama jantung sedang tidak normal dan suplai oksigen ke otak menurun.

"Penyebabnya bisa berasal dari berbagai bagian tubuh, termasuk tekanan darah seseorang yang turun, detak jantung turun, dan karena alasan neurologis yang terlepas dari jantung," jelas Lawrence Phillips, MD, asisten profesor kedokteran pada divisi kardiologi New York University Langone Medical Center.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena memiliki potensi sebagai sinyal yang berbahaya. Masalahnya, sebelum pingsan orang terkadang tidak peka atau bahkan tidak merasakan sesuatu yang salah dengan tubuhnya.

(Baca: FANTASTIS! Inilah Enam Kolam Renang Menakjubkan di Dunia. Peringkat Satu Ada di Indonesia)

(Baca: Ingin Hadirkan Pojok Personal di Rumah Kita? Coba Cara Ini)

(Baca: Jenis Makanan Untuk Sarapan Ini Ternyata Sehat Bagi Anak)

Padahal jika kita peka, saat tubuh misalnya mengalami penurunan tekanan darah atau detak jantung, kita akan merasakan ciri-ciri pusing, kepala terasa ringan, dan disertai perasaan ruangan berputar di sekitar kita.

Menurut Phillips ada 7 penyebab seseorang pingsan:

1. Dehidrasi

Saat suhu ruangan panas, suhu tubuh panas dan berkeringat, kita bisa kehilangan terlalu banyak cairan dan merasa pusing, bahkan hingga pingsan.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help