TribunBatam/

Mustika Rasa

Rasa Kencur dan Pedasnya Menggugah Selera

Seblak mulai digandrungi warga Batam. Penjualnya pun mulai banyak bermunculan di sejumlah tempat keramaian

Rasa Kencur dan Pedasnya Menggugah Selera
TRIBUN BATAM
Mustika Rasa 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Ragam kuliner di Batam semakin banyak. Makanan yang dihadirkan para pelaku usaha kuliner makin menggugah selera dan terdengar tidak biasa bagi masyarakat awal. Satu di antaranya adalah Seblak yang merupakan makanan khas Bandung.

Seblak mulai digandrungi warga Batam. Penjualnya pun mulai banyak bermunculan di sejumlah tempat keramaian. Selain membeli langsung di warung, Seblak juga sudah banyak dijual secara online.

Seblak merupakan makanan yang dibuat dari kerupuk tumis dicampur dengan sayuran serta bakso, sosis, macaroni, dan lainnya. Rasa utama Seblak ini adalah kencur dan cabai yang pedasnya sungguh menantang.

Eki selaku pemilik Roemah Seblak LDR (Lada dan Raos) mengungkapkan bahwa nama LDR memaknai rasa pedas dan enak pada Seblak. Seblak juga diartikan sebagai bumbu pedas dari Indonesia.

Ciri utama Seblak adalah aroma kencur yang sangat kuat pada kuahnya. Selain itu rasa pedas juga semakin menambah nikmat kuah Seblak.

Jenis Seblak ini bisa beraneka ragam sesuai dengan toping yang digunakan mulai dari Seblak Ceker Ayam, Seblak Makaroni, Seblak Bakso Ikan, Bakso Sapi, Seblak Bejat (bihun jamur), Seblak Siomay, dan Seblak Komplit yang menggunakan campuran beberapa toping.

"Awalnya seblak itu hanya toping kerupuk tapi sekarang sudah banyak pilihan toping lain yang lebih nikmat juga tentunya," terang Eki.

Untuk tingkatan rasa pedas juga disediakan beberapa level, mulai dari satu sampai lima. Kalau kamu mau lebih pedas lagi, disediakan level dewa yang berarti lebih dari level lima.

Selain Seblak, di sini juga disediakan menu lainnya seperti Ayam Geprek, Nasi Goreng, Kerang Jerit, Martabak Mini, Jamur Crispy, serta tahu bodo.

Roemah Seblak yang terletak di Kita Perumahan Grenland blok A5 no 19 Batam Centre, dibuka setiap hari dari pukul 17.00 - 23.00 WIB. Untuk pemesanan, di sini melayani delivery via Gojek, Wakjek, atau Trans City. Harga makanan yang ditawarkan mulai dari Rp15 ribu sampai Rp25 ribu.

Roemah Seblak membagikan resep Seblak istimewanya bagi kamu yang ingin mencoba masak sendiri di rumah.

Bahan
Kerupuk udang direndam di dalam air (banyaknya sesuai selera)
50 gram kwetiaw
1 ruas jari kencur
2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1 ruas jari lengkuas
1/2 btg serai
Cabe setan sesuai selera
Garam secukupnya
1 butir telur
1 buah bakso ikan yang berukuran panjang
3 Ceker ayam yang sudah direbus
1 batang daun bawang

Cara Membuat
1. Haluskan kencur, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan cabai.
2. Tumis bumbu dengan minyak sendikit.
3. Setelah bumbu wangi, masukkan air sekitar 2 gelas, masak hingga mendidih.
4. Siapkan sebuah mangkuk, masukkan ceker, kwetiaw, dan daun bawang ke dalamnya
5. Setelah kuah mendidih, masukkan bakso, dan kerupuk ke dalam kuah. Tunggu sekitar 2-3 menit.
6. Kuah seblak siap diseduh ke dalam toping yang sudah disediakan di dalam mangkuk. (*)

Penulis: andriani
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help