Hari Ini Ahok Akan Bacakan Pleidoi Setebal 634 Halaman yang Disusun Pengacarannya

Pledoi atau pembelaan itu dibacakan setelah jaksa penuntut umum (JPU) menyampaikan tuntutannya pada Kamis pekan lalu

Hari Ini Ahok Akan Bacakan Pleidoi Setebal 634 Halaman yang Disusun Pengacarannya
KOMPAS.com/JESSI CARINA
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melayani aduan warga di Balai Kota, Selasa (25/4/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengacara terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, telah mempersiapkan pledoi yang akan disampaikan dalam sidang pada hari ini, Selasa (25/4/2017).

Pledoi atau pembelaan itu dibacakan setelah jaksa penuntut umum (JPU) menyampaikan tuntutannya pada Kamis pekan lalu.

Jaksa sebelumnya menyatakan Ahok bersalah dan melanggar pasal 156 KUHP. Jaksa menuntut Ahok satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

"Tentu tidak etis kalau kami buka sekarang karena nanti akan dibaca. Kami membacakan 634 halaman (pleidoi) hari ini di luar (pledoi yang disusun) Pak Basuki," kata pengacara Ahok, I wayan Sudirta, diKementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa.

Sejumlah relawan Ahok-Djarot menyanyikan lagu 'Ibu Kita Kartini' saat Ahok tiba di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/4/2017). KOMPAS.COM/ KURNIA SARI AZIZA
Sejumlah relawan Ahok-Djarot menyanyikan lagu 'Ibu Kita Kartini' saat Ahok tiba di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/4/2017). KOMPAS.COM/ KURNIA SARI AZIZA (Kompas.com)

Baca: Ahok-Djarot Kalah, PPP Salahkan Lulung.

Baca: Ahok Jenguk Jupe Bawa Kotak Putih Besar. Ternyata Ini Isinya

Wayan menambahkan, pleidoi yang disusun tim pengacara berbeda dengan pembelaan yang dibuat oleh Ahok sendiri. Ahok, lanjut Wayan, telah menyiapkan pleidoinya sendiri.

"Pak Basuki (bikin pleidoi) sendiri, kami enggak tahu berapa. Orang yang cerdas biasanya pasti tidak panjang-panjang. Orang yang cerdas pendek bisa mengungkap persoalan," ucap dia.

Pengacara Ahok yang lain, Teguh Samudera menambahkan, pleidoi yang disiapkan tim pengacara tidak akan dibacakan semua saat persidangan.

Baca: Ahok Akan Tetap Gusur Warga di Bantaran Kali. Ini Alasannya

Halaman
12
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved