Sebaiknya Anda Tahu

Sang Macan Dirgantara! Pernah Menjadi Kebanggaan Angkatan Udara. Ini Jejak Operasi Militernya!

Inilah macan dirgantara! Pernah menjadi kebanggaan angkatan udara, dan inilah jejak operasi militernya!

Sang Macan Dirgantara! Pernah Menjadi Kebanggaan Angkatan Udara. Ini Jejak Operasi Militernya!
militerhankam.com
Jet Tempur F5 E/F Tiger 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Pesawat tempur F5 E/F Tiger II milik TNI AU harus pensiun setelah 35 tahun mengemban tugas mengamankan wilayah udara NKRI. Pesawat yang dijuluki Sang Macan tersebut,

menghiasi halaman Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, berjejer dengan koleksi lainnya seperti jet tempur OV-10F Bronco, dan Hawk MK 53.

Baca: Gara-gara Sediakan Kopi Enak, Warung Kopi Ini Digerebek. Ini Cewek-cewek Pembikin Kopi Enak nya!

Baca: Berani! Beginilah Cara Gadis Seksi Ini Promosikan Layanan Begituan di Medsos! Ini Foto Andalannya!

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang hadir dalam peresmian, Selasa (25/4), berharap agar monumen ini dapat mengisahkan kiprah pesawat yang merupakan kekuatan inti dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahyudi Madiun.

Indonesia pada tahun 1980 membeli pesawat tempur buatan Northrop Co Amerika Serikat tersebut. Delapan pesawat F5 Tiger II datang pada 21 April 1980 menyusul kemudian delapan sisanya pada 5 Juli 1980.

Pada awal 1990-an F5 Tiger masih mampu bersaing dengan pesawat-pesawat tempur terbaru saat itu, hanya saja kemampuan avionik dan sistem senjatanya harus ditingkatkan. Hingga pada 1999 sampai 2001 dilakukan modifikasi sehingga pesawat ini tampil lebih modern dan setara dengan F16 Fighting Falcon. "Si macan besi mampu jadi kebanggaan Angkatan Udara," ujarnya.

Eagle, sebutan penunggang macan terbang ini berkali-kali dilibatkan dalam berbagai operasi dan latihan. Seperti Operasi Panah di wilayah Aceh tahun 1990, Elang Sakti di perbatasan NTT tahun 1999, Garuda Jaya, dan operasi Oscar yang merupakan operasi pengamanan wilayah perairan.

Sedangkan latihannya meliputi Latihan Elang Gesit, Angkasa Yudha, hingga latihan bersama dengan negara tetangga.
Hingga pada 28 April 2016 merupakan hari terakhir Sang Macan melaksanakan penerbangan di langit Indonesia dalam misi Simulated Surface Attactk (phoenix flight).

Satu bulan kemudian, berdasarkan telegram pimpinan TNI AU terbit perintah penghentian pengoperasian (stop flying) kepada seluruh pesawat F5 E/F Tiger II Skadron Udara 14 Lanud Iswahyudi.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved