BATAM TERKINI

Batam Butuh Unit Pelayanan Paspor

Permasalahan yang terjadi di Batam, pada prinsipnya hampir sama dengan enam Kantor Imigrasi Klas I Khusus lainnya yang ada di Indonesia.

Batam Butuh Unit Pelayanan Paspor
Tribun Batam/Efendi Wardoyo
Suasana di Kantor Imigrasi Batam waktu subuh. Warga harus datang dinihari hanya demi nomor antrean. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Antrean panjang pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam sejak dini hari, masih menjadi perhatian serius.

Direktorat Jenderal Imigrasi pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie mengatakan, dia sudah menginstruksikan kepada jajaran di bawahnya untuk melakukan langkah-langkah terkait solusi permasalahan antrean tersebut.

"Kami sudah menanyakan langsung ke Kepala Kantor Imigrasi, Kepala Divisi Imigrasi, dan Kepala Kantor Wilayah di sana. Menurut yang bersangkutan (pelayanan) sudah diperbaiki," kata Ronny sesaat usai menghadiri kegiatan forum kekayaan intelektual nasional 2017 di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Namun laki-laki yang pernah bertugas di kepolisian itu mengaku, belum mengetahui sejauh mana perbaikan yang sudah dilakukan Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam.

"Masyarakat bisa melihat langsung. Kami minta feedback-nya. Direktorat Imigrasi bertanggungjawab memperbaiki," ujar dia.

Lebih jauh, Ronny mengatakan, pihaknya akan melakukan inovasi. Satu di antaranya, dengan membuka unit pelayanan paspor. Namun soal itu, perlu kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

"Kita harus cari solusinya. Ya, buka unit pelayanan paspor," kata Ronny.

Dia menyebut permasalahan yang terjadi di Batam, pada prinsipnya hampir sama dengan enam Kantor Imigrasi Klas I Khusus lainnya yang ada di Indonesia.

Itu berkaitan dengan volume kerja. Kendati begitu, dia tak mau menyebut berapa skors penilaiannya terhadap kinerja pelayanan di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam.

"Makanya untuk pembukaan unit pelayanan paspor perlu kerjasama dengan Pemda. Beberapa Pemda, seperti di Bojonegoro contohnya, bahkan sampai memberikan lahan, hibah bangunan, perbantukan Sumber Daya Manusia (SDM)," ujar dia. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Kamis 27 April 2017

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved