BATAM TERKINI

Tim Verifikasi Media Kunjungi Tribun Batam

Tim Verifikasi Media Serikat Perusahaan Pers (SPS) Kepri yang diketuai Candra Ibrahim melakukan verifikasi ke Tribun Batam, Rabu (26/4/2017).

Tim Verifikasi Media Kunjungi Tribun Batam
TRIBUNBATAM/ABD RAHMAN MAWAZI
Tim Verifikasi Media Serikat Perusahaan Pers (SPS) Kepri berfoto bersama Pemimpin Redaksi Tribun Batam Dwie Sudarlan dan Manager HRGA Akira, Rabu (26/4/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Tim Verifikasi Media Serikat Perusahaan Pers (SPS) Kepri yang diketuai Candra Ibrahim melakukan verifikasi ke Tribun Batam, Rabu (26/4/2017).

Ia datang bersama dengan dua orang verifikator SPS Kepri, Deden Rosanda dan Saibansah Dardani.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk ferifikasi faktual setelah Tribun Batam dinyatakan lulus verifikasi administrasi oleh Dewan Pers.

Tim Verifikasi SPS Kepri disambut oleh Pemimpin Redaksi Tribun Batam Dwie Sudarlan dan Manager HRGA Akira.

Menurut Candra, SPS Kepri merupakan tim yang diberi kewenangan oleh Dewan Pers untuk melakukan verifikasi. Kemudian, SPS mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Tim Verifikasi Nomor 01/KEP-SPS/III/2017 sebagai tindak lanjutnya.

Saat ini, kata dia, ada delapan media yang telah dinyatakan lulus verifikasi administrasi di Kepri, satu di antaranya Tribun Batam.

Sedangkan media lainnya, kata Candra, masih belum lulus verifikasi. Oleh sebab itu, media-media yang terverifikasi, wajib melakukan pendaftaran dan menyampaikan berkas-berkasnya ke Dewan Pers.

“Verifikasi ini bukan kepentingan verifikatornya, tetapi untuk kepentingan media sendiri. Ke depan, Dewan Pers akan semakin ketat dalam melakukan verifikasi untuk menghindari adanya media yang tidak kompeten,” kata dia.

Pimpinan Redaksi Tribun Batam, Dwie Sudarlan, mengatakan, Tribun Batam, yang menjadi bagian dari Grup Kompas Gramedia telah menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk verifikasi.

“Kami menyambut baik kedatangan tim verifikasi ini. Kami juga ingin secepatnya bisa menjadi media terverifikasi oleh Dewan Pers,” katanya.

Selain melakukan pencocokan berkas-berkas administrasi, tim juga meninjau langsung seluruh kondisi di ruang perusahaan yang terdaftar badan hukum dengan nama PT Tribun Media Grafika. Pengecekan dilakukan dari ruang bagian bisnis, redaksi dan juga percetakan.

“Semua yang kami lakukan ini, yang menentukan nanti Dewan Pers. Karena itu, setelah dari Tribun, kami akan segera mengirimkan hasil verifikasi ke Dewan Pers agar media-media yang dari Kepri ini bisa segera mendapatkan barkode verifikasi,” ujar Candra lagi. (*)

Penulis: Abd Rahman Mawazi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved