TERUNGKAP. Empat Manfaat Konsumsi Telur Selama Kehamilan

Ibu hamil juga harus berhati-hati memilih telur yang baik untuk dikonsumsi. Jika membeli telur dalam kemasan karton, pastikan tanggal kedaluwarsa.

TERUNGKAP. Empat Manfaat Konsumsi Telur Selama Kehamilan
Ilustrasi
Telur mata sapi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Selama kehamilan, ada beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi. Salah satunya, telur. Telur kaya akan Selenium, Seng, vitamin A, D serta B kompleks yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

Namun ibu hamil juga harus berhati-hati memilih telur yang baik untuk dikonsumsi. Jika membeli telur dalam kemasan karton, pastikan tanggal kedaluwarsanya.

Telur yang baik tidak beraroma busuk saat dipecahkan. Pastikan putih telur bertekstur seperti gel, berwarna agak buram, dan tidak encer.

Telur yang sudah direbus sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari dua jam setelah dikupas. Sedangkan telur rebus yang belum dikupas dapat disimpan maksimal satu minggu.

Jangan pernah mengonsumsi telur mentah atau setengah matang karena dapat menimbulkan infeksi Salmonella yang dapat menular pada bayi. Infeksi tersebut dapat menyebabkan kemungkinan bayi lahir prematur, mengalami kontraksi uterus, dehidrasi, diare, dan muntah.

Dilansir dari Boldsky.com, ada 4 manfaat mengonsumsi telur saat masa kehamilan:

1.Sumber Protein

Telur kaya akan protein yang dibutuhkan selama kehamilan. Setiap sel bayi yang tumbuh terbuat dari protein, sehingga mencukupi kebutuhan telur saat hamil baik untuk kesehatan janin.

2.Perkembangan Otak

Selain mengandung 12 jenis vitamin dan mineral, telur juga mengandung Kolin dan asam lemak Omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan bayi dan kesehatan otaknya secara keseluruhan. Hal tersebut dapat mencegah gangguan saraf otak pada janin.

3. Kontrol Kolesterol

Ibu hamil dengan kadar kolesterol darah yang rendah bisa mengkonsumsi satu atau dua butir telur setiap hari untuk diet yang seimbang dan menurunkan kadar lemak jenuh dalam tubuh. Namun jika kolesterol darah kita tinggi, sebaiknya hindari kuning telur.

4. Kalori

Ibu hamil idealnya harus mengonsumsi 200 hingga 300 kalori tambahan setiap hari untuk mencukupi kebutuhan tubuh dan bayinya. Telur mengandung sekitar 70 kalori yang sehat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help