TribunBatam/

Hangout

Wisata Hutan Nggak Kalah Seru Sama Nge-Mal. Coba Jelajahi Mata Kucing

Dinamakan Kawasan Wisata Hutan Mata Kucing karena di dalam hutan sering terlihat kilauan mata kucing.

Wisata Hutan Nggak Kalah Seru Sama Nge-Mal. Coba Jelajahi Mata Kucing
TRIBUN BATAM
Hangout 

MENJELAJAH hutan bersama teman dan keluarga saat libur, memang memberikan keasyikan tersendiri. Apalagi jika hutannya sudah dikelola menjadi tempat wisata yang tidak hanya menghadirkan hijaunya pepohonan tetapi juga spot-spot menarik lainnya.

Seperti yang bisa dinikmati di Kawasan Wisata Hutan Mata Kucing Batam. Tempat wisata alam ini, ramai dikunjungi saat weekend, namun, saat weekday memang cenderung sepi.

Hutan Wisata Mata Kucing yang sudah ada sejak tahun 2002, mulai dibuka untuk umum sejak 2005. Dinamakan Kawasan Wisata Hutan Mata Kucing karena di dalam hutan sering terlihat kilauan mata kucing.

Begitu masuk ke kawasan ini, suasana memang terasa berbeda. Sekelilingnya banyak pohon-pohon besar yang membuat udara pun terasa segar dan hawa yang dingin. Suara jangkrik juga terdengar bersahut-sahutan seolah-olah menyambut para pengunjung.

Selain keasrian hutan, para pengunjung juga bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan. Di sini ada kolam renang, flying fox, dan tracking hiking.

Sekitar tiga menit berjalan dari pintu masuk, pengunjung akan melintasi jalan setapak. Tidak jauh dari situ, ada kolam renang dengan view hutan di sekelilingnya. Terdapat dua kolam yakni untuk anak-anak dan dewasa. Di sini juga ada air mancur yang keluar dari patung berbentuk luar.

Di pinggir-pinggir kolam, tersedia pendopo yang bisa dijadikan tempat pengunjung untuk duduk dan bersantai.
Tidak jauh dari kolam, terdapat fasilitas flying fox dengan panjang tali sekitar 100 meter dan melintasi kolam renang.

Pengunjung yang tidak ingin berenang atau bermain flying fox, bisa melakukan aktivitas lain di sini yakni duduk-duduk sambil berfoto di depan sebuah gowa yang dinamakan Gowa Mata. Dinamakan Gowa Mata karena di bagian depan gua terdapat batu yang menyerupai bentuk mata.

"Gowa Mata ini, ceritanya dulu dijadikan tempat untuk beristirahat sejenak oleh petani-petani," ungkap Tita, seorang guide di Wisata Kutan Mata Kucing, Kamis (27/4/2017).

Sayangnya, pengunjung tidak bisa masuk ke dalam goa ini karena dalamnya sudah diisi dengan barang-barang antik. (*)

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help