May Day 2017

Buruh: Tak Ada Pesta, Hidup Hanya Andalkan Gaji Pokok Tanpa Lembur

Beberapa buruh di Kota Batam, menjadikan hari buruh 1/5/17, menjadi hari perenungan, di tengah sulitnya ekonomi dan tidak adanya lowongan pekerjaan.

Buruh: Tak Ada Pesta, Hidup Hanya Andalkan Gaji Pokok Tanpa Lembur
KOMPAS.COM/ KRISTIANTO PURNOMO
Perayaan May Day di Jakarta 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Hari buruh sedunia yang jatuh pada Senin (1/5/17), dimanfaatkan ribuan buruh di Kota Batam melakukan kegiatan unjukrasa dan jalan santai, menuju kantor pemerintahan di Kota Batam, sekaligus menyampaikan tuntutan dan keluhan buruh.

Namun di sisi lain banyak juga buruh yang hanya menenangkan diri di dalam rumah dan berusaha menghilangkan semua beban pikiran dan beban kerjaan di tempat mereka bekerja.

Beberapa buruh di Kota Batam, menjadikan hari buruh 1/5/17, menjadi hari perenungan, di tengah sulitnya ekonomi dan tidak adanya lowongan pekerjaan yang membuat banyaknya pengangguran di kota Batam.

"Hari ini memang seharusnya kita pesta, tetapi bagaimana caranya kita pesta, makan saja kita sudah terancam,di perusahaan kita hanya mendapatkan gaji pokok tanpa ada tambahan," kata Haidir, pekerja di kawasan industri Muka-Kuning.

Haidir, menceritakan selama ini perusahaan tempatnya bekerja, sudah tidak pernah lagi memberikan lemburan kepada karyawannya, perusahaan sudah membuat tiga shift hampir di semua bagian untuk menghindari lemburan.

"Jadi kita hanya menerima gaji pokok saja setiap bulannya, hari buruh seperti ini apa yang kita lakukan, terpaksa diam saja di rumah," kata Haidir. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Selasa 2 Mei 2017

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help