Mellennial

Pencerah Wajah Pakai Kojic Ocid, Amankah?

Bicara soal perawatan wajah, kini sedang tren pencerah kulit yang diklaim alami dengan menggunakan asam kojic atau kojic acid.

Pencerah Wajah Pakai Kojic Ocid, Amankah?
TRIBUN BATAM

MEMILIKI wajah cantik, putih bersih, dan alami pastinya menjadi impian banyak Mellenials wanita. Tidak sedikit para wanita yang rela merogoh kantong dalam-dalam demi biaya perawatan agar menghasilkan wajah yang tampak bersih dan alami.

Bicara soal perawatan wajah, kini sedang tren pencerah kulit yang diklaim alami dengan menggunakan asam kojic atau kojic acid.

Kojic acid ini banyak diproduksi di Jepang dan dijadikan krim pemutih sejak 1989. Kemudian, menyebar ke seluruh dunia, termasuk sampai ke Batam.

Kojic ocid merupakan zat berwarna putih yang menyerupai tepung yang terdiri dari kristal-kristal kecil. Zat ini merupakan hasil fermentasi beras yang direndam.

"Proses fermentasi ini efektif untuk mengatasi pigmentasi kulit. Seperti spot pada kulit dan tone yang tidak merata. Kojic acid sudah banyak digunakan di semua kosmetik Jepang namun dengan bahasa yang berbeda," terang Agus Salim Siregar, SE, Area Manager Batam Kojie San, salah satu kosmetik yang menggunakan kojic ocid.

Asam kojic untuk kecantikan bisa bermanfaat untuk menghilangkan tanda-tanda hiperpigmentasi, seperti pada bekas jerawat, bercak-bercak akibat penuaan, bintik-bintik, lingkaran gelap di bawah mata, dan noda hitam.

Selain itu juga mengatasi melasma, gangguan kulit yang paling umum pada wanita dengan kulit yang gelap. Gangguan ini, biasanya terjadi pada wanita hamil dan pada wanita yang memeroleh hormon tambahan, seperti pil KB dan terapi pergantian hormon.

Bahan kecantikan ini juga diklaim sebagai antipenuaan alami karena kemampuan asam kojic mengikat zat besi.

Kojic acid banyak dijadikan produk dalam bentuk lotion, krim atau serum. Dosisnya yang dianjurkan relatif kecil yaitu maksimal 1 persen. Untuk mengurangi efek samping, kosmetik pencerah menggunakan konsentrasi sekitar 0.2 persen.

Dikutip dari alodokter.com, penggunaan asam kojik pada kulit memang dianggap lebih aman dari hydroquinone, namun tetap ada kemungkinan dapat memicu iritasi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Dianjurkan, sebelum menggunakannya, Anda dapat melakukan tes terlebih dahulu. (*)

Tips Aman Pakai Kojic Ocid
1. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum memakai produk kosmetik yang mengandung asam kojik.
2. Gunakan asam kojik dalam dosis yang sesuai.
3. Jika sudah mencapai hasil yang diinginkan, kurangi frekuensi penggunaannya.
4. Pakailah hanya dua atau tiga kali dalam satu minggu, untuk menjaga tingkat kecerahan kulit.
5. Bagi sebagian orang, krim dengan kandungan asam kojic dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi. Ditandai dengan gejala-gejala seperti, kulit gatal, memerah dan benjolan-benjolan. Segera konsultasikan dengan dokter.
6. Untuk mengatasi efek samping, umumnya bisa menggunakan krim kortikosteroid.
7. Perlu diingat bahwa semua produk pemutih kulit, termasuk yang mengandung asam kojik, akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga penting memakai tabir surya, dan gunakan juga pelindung wajah, seperti topi atau payung sebelum beraktivitas.
8. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan produk berbahan asam kojik, perhatikan label yang menunjukkan tujuan dan masa penggunaan, serta bahan-bahan lain yang terkandung.
9. Untuk menghindari risiko, sebaiknya pilih produk yang pada labelnya tertera hypoallergenic, tidak menimbulkan komedo (non-comedogenic), dan tidak beracun (non-photo toxic) pada label. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help