Inspirasi Hunian

Lahan Hunian Terbatas? Contek Lima Ide Hadirkan Vertical Garden Untuk Segarkan Rumah

Tanaman vertikal dapat menambah cantik sebuah rumah baik itu indoor maupun outdoor, tanpa perlu lahan yang luas. Cobalah lima ide vertical garden ini.

Lahan Hunian Terbatas? Contek Lima Ide Hadirkan Vertical Garden Untuk Segarkan Rumah
IDEA ONLINE
Vertical garden untuk ruang baca 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Untuk mengusung konsep hijau, ide untuk membuat tanaman vertikal pun semakin populer di dunia arsitektur akhir-akhir ini. Pasalnya, tanaman vertikal berguna sebagai "alat" untuk meningkatkan nilai tambah dari sebuah hunian.

Dalam artian, tanaman vertikal dapat menambah cantik sebuah rumah baik itu indoor maupun outdoor, tanpa perlu lahan yang luas.

Untuk diketahui, taman vertikal itu memiliki dua jenis sistem yaitu green facades dan living wall. Green facades adalah dinding yang ditumbuhi tanaman merambat yang langsung tumbuh di dinding. Sementara living wall merupakan dinding yang diberi media tanam untuk tumbuh tanaman seperti tanaman pot yang kemudian digantungkan di dinding atau teralis.

Apapun jenisnya, taman vertikal tetaplah taman yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Sehingga Anda yang memiliki hunian kecil pun tetap dapat mengusung konsep hijau dengan metode taman tersebut. Mau tahu inspirasinya seperti apa saja? Yuk, cek 6 inspirasi taman vertikal ini!

1. Di sini, kita melihat teralis kayu dipenuhi dengan warna-warni tanaman yang merambat dari media tanam yang berada tepat di bawahnya. Bila dirawat dengan baik, pada akhirnya tanaman akan menutupi seluruh dinding di antara jendela dan pintu depan rumah. Tampilan eskterior hunian pun makin cantik.  

Di sini, kita melihat teralis kayu dipenuhi dengan warna-warni tanaman yang merambat dari media tanam yang berada tepat di bawahnya. Bila dirawat dengan baik, pada akhirnya tanaman akan menutupi seluruh dinding di antara jendela dan pintu depan rumah. Tampilan eskterior hunian pun makin cantik. (foto: memorabledecor.com)
(foto: memorabledecor.com

2. Inspirasi yang satu ini merupakan jenis kedua dari taman vertikal yaitu living wall. Untuk membuat living wall, selain memerlukan dinding, Anda juga perlu menambah rangka (frame), panel tanaman, sistim irigasi irigasi dan pemupukan, media tanam, dan tanaman itu sendiri. Meniru pada gambar di atas, Anda bisa menciptakan living wall di fasad rumah dengan membentuk huruf U. Penempatkan di sekeliling jendela, memberikan sentuhan yang tepat.

(foto: livingandkitchen.com)
(foto: livingandkitchen.com) ()

3. Inspirasi yang satu ini pernah ditampilkan dalam Melbourne Interantional Flower and Garden Show. Desiner James Dawson, sang kreator, menyegarkan tampilan rumah ini dengan ditanami berbagai macam jenis tanaman seperti tanaman vertikal, atap hijau (green roof), dan tanaman gantung. 

.
(foto: jdldesign.com.au)

4. Mau anti-mainstream? Anda bisa mencoba buat vertikal garden di ruang makan seperti foto yang satu ini. Semua dinding

.
. ()

5.  Segarkan ruang baca dengan tanaman hijau sebagai 'dinding' nya. Tak hanya terasa lebih sejuk, tanaman juga bisa menyegarkan pandangan mata

.
. ()
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved