TribunBatam/

Si Kecil Keputihan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pada anak-anak, keputihan terbagi saat sebelum dan setelah pubertas. Keputihan pada anak puber biasanya dipengaruhi hormon esterogem.

Si Kecil Keputihan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya
NOVA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Ternyata tak hanya wanita dewasa, anak-anak pun bisa mengalami keputihan. Keputihan merupakan reaksi badan terhadap adanya iritasi di daerah genital sehingga sel-sel menghasilkan cairan keputihan.

Pembeda antara keputihan anak-anak dan orang dewasa adalah penyebabnya. Pada anak-anak, keputihan terbagi saat sebelum dan setelah pubertas. Keputihan pada anak yang sudah puber biasanya sama dengan orang dewasa karena sudah dipengaruhi hormon estrogen.

Sementara keputihan pada anak yang belum puber disebabkan infeksi bakteri atau kuman yang berbeda dengan orang dewasa, karena perlindungan organ kewanitaannya belum sempurna. Bahkan bayi pun bisa mengalami keputihan. Penyebabnya, pada bayi masih terdapat sisa hormon estrogen dari ibu.

Pada anak balita atau awal sekolah, biasanya faktor pemicu munculnya keputihan adalah kebersihan organ kewanitaan yang kurang terjaga, jarang mengganti celana dalam atau popok sehingga lembap.

Baca: Setelah Fadli Zon, Giliran Fahira Idris Laporkan Ancaman Akun NathanSuwanto

Baca: Polisi Tak Amankan Pelaku Pembakar Karangan Bunga Ahok-Djarot. Ini Alasannya

Baca: Pengancam Minta Maaf, Fadli Zon Tetap Lanjutkan Proses Hukum

Pada anak perempuan, lubang kemaluan sangat dekat dengan anus sehingga kuman dan bakteri dari anus mudah pindah ke depan. Sebaiknya ajari anak melakukan cebok yang benar, yaitu membasuh vagina dari arah depan ke belakang. Sehingga kuman dan bakteri dari anus tidak masuk ke vagina.

Faktor lainnya, anak-anak pada usia balita sedang dalam tahap eksplorasi. Mereka suka memegang organ intimnya sendiri. Saat tangan kotor, kuman bisa saja ikut masuk.

Lantas, apa yang harus dilakukan orang tua jika si Kecil mengalami keputihan?

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help