Karangan Bunga, Simbol Dukungan Rakyat Terhadap Presiden, Polri, dan TNI untuk Jaga Keutuhan NKRI

Markas Kepolisian Republik Indonesia di Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, "banjir" karangan bunga masyarakat tiga hari terakhir

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Markas Kepolisian Republik Indonesia di Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, "banjir" karangan bunga dari masyarakat sejak tiga hari terakhir.

Setidaknya, ada 200 karangan bunga menghiasi trotoar halaman depan komplek utama Mabes Polri, gedung Bhayangkari hingga gedung Divisi Humas Polri, pada Rabu (3/5/2017).

Sebagian besar karangan bunga bertuliskan pesan dukungan dan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan jajaran kepolisian yang telah menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila. Ini disampaikan menyusul adanya dinamika aksi massa di ibukota terkait perkara penodaan agama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Pemilukada DKI Jakarta sepanjang beberapa bulan terakhir.

Sebagian besar nama pengirim karangan bunga bertuliskan alumnus kampus, kesatuan mahasiswa, individu, perusahaan dan anonim.

Di antara karangan bunga tersebut bertuliskan, "Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh" dan "Dukung TNI dan Polri Melawan Radikalisme, Menegakkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika."

Tampak juga karangan bunga yang nama pengirim  Pancasila Warriors dengan pesan tulisan, "Mohon hakim membebaskan Pak Ahok, Pak Ahok Todam Bersalah, Pak Ahok Tidak Menista Agama."

Selain itu, tampak karangan bungan bertuliskan," Yth Pak Tito Karnavian dan Jajaran Polri, Terima Kasih Telah Setia Menjaga NKRI, Tangkap Rizieq-Bubarkan FPI, Tolak Radikalisme Pemecah Bangsa, NKRI Harga Mati, Dari Kami Yang Cinta NKRI."

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengirimkan karangan bunga simbol dukungan itu.

Bagi Tito, dukungan masyarakat ini menjadikan jajaran Polri semakin bersemangat untuk menindak kelompok-kelompok intoleran dan radikal yang berpotensi mengganggu keuntuhan NKRI.

Karangan bunga juga berdatangan ke Istana Negara. Karangan bunga yang dikirim dari berbagai elemen masyarakat tersebut ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Rata-rata isi ucapannya adalah terima kasih kepada Presiden yang terus menjaga NKRI. Beberapa karangan bunga diletakkan di lorong di seberang Istana Negara yang menuju ke kantor Presiden.

Awak media yang biasa meliput di Istana mengabadikan karangan bunga yang masuk Istana itu. Belum ada keterangan resmi dari siapa saja karangan bunga ini berasal.(*)
Penulis: Abdul Qodir

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved