Seleksi Tilawatil Quran Provinsi Kepri

STQ VII Kepri di Batam Meriah, Bahkan Diwarnai Rekor MURI

Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-VII tingkat Provinsi Kepri dibuka dengan penampilan marching band dari Bahana Barelang Drum Corps, Jumat (5/5) malam.

STQ VII Kepri di Batam Meriah, Bahkan Diwarnai Rekor MURI
Tribun Batam/Eko Setiawan
Para kafilah dari kabupaten/kota pawai menjelang pembukaan STQ VII Provinsi Kepri di alun-alun Engku Putri, Jumat (5/5/2017) malam. 

Laporan Tribun Batam, Dewi Haryati

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-VII tingkat Provinsi Kepri dibuka dengan penampilan marching band dari Bahana Barelang Drum Corps, Jumat (5/5) malam.

Bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Center, Batam, acara dilanjutkan dengan defile dari tujuh khafilah kabupaten/kota di Kepri, menyanyikan lagu Indonesia Raya, penampilan tarian kolosal hingga pengibaran bendera Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan menyanyikan mars MTQ.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri, T Arif Fadillah mengatakan, STQ ke VII tahun 2017 ini diikuti 112 peserta dari tujuh kabupaten/ kota di Kepri.

Jumlah anggota dewan hakim 55 orang dan mempertandingkan delapan cabang perlombaan.

"Alhamdulillah STQ kali ini kita menghadirkan 12 hakim nasional," kata Arif dalam sambutannya.

Adapun tujuan pelaksanaan STQ tahun 2017, untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan menepis nilai-nilai negatif terhadap generai muda.

Selain itu meningkatkan minat kaum Muslim untuk membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran.

STQ ini juga sebagai persiapan qori dan qoriah dari Kepri untuk pelaksanaan MTQ nasional di Kalimantan tahun ini.

Arif mengatakan, pelaksanaan STQ selalu diwarnai kemeriahan hingga kegiatan pertama, wisuda wisuda seribuan santri hafiz dan hafizah hingga pawai taaruf, Jumat sore..

Wisuda 1.020 hafiz dan hafizah se-Kepri ini mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Ini ide Gubernur. Kita sukses mewisuda 1.020 hafiz dan hafizah. Pecahkan rekor Muri sebagai peserta terbanyak. Insya Allah akan diserahkan wakil direktur Muri," kata Arif.

Di sisi lain, Arif menyinggung kualitas anak-anak di Kepri yang memberikan prestasi membanggakan sampai ke tingkat internasional. Seperti Zulaikha, Andika Pangestu dan beberapa lainnya.

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help