Operasi Sapu Bersih Pungli

Pengguna Jasa Pelabuhan Terpaksa Bayar Pungli Karena Terpaksa

Selama ini, praktik-praktik pungutan liar seperti itu sudah bukan menjadi rahasia umum di tengah-tengah para pengguna jasa pelabuhan

Pengguna Jasa Pelabuhan Terpaksa Bayar Pungli Karena Terpaksa
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Adil Setiadi, Kepala Satker Pelabuhan Batuampar Batam, saat digiring ke ruang Direskrimsus Polda Kepri, Senin (8/5/2017) setelah tertangkap pungli 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Tertangkapnya kepala Satker Pelabuhan Laut BP Batam Pelabuhan Batuampar ikut menjadi perbincangan hangat di tengah pengusaha pengguna jasa di pelabuhan.

Apalagi, selama ini, praktik-praktik pungutan liar seperti itu sudah bukan menjadi rahasia umum di tengah-tengah para pengguna jasa pelabuhan.

"Banyak yang saya dengar tentang pungutan yang tidak semestinya di pelabuhan. Dan kita sangat menyesalkan tentang masih adanya praktek-praktek seperti ini," ujar Wakil Ketua Umum (WKU) bidang Transportasi, Pelabuhan dan Kemaritiman dan juga Sekretaris II INSA Batam, Oesman Hasyim.

Menurut dia, para pengguna jasa di pelabuhan pun benar-benar terbebani dengan praktik-praktik seperti itu.

Pungutan liar seperti itu, membuat pelabuhan Batam menjadi berbiaya tinggi.

"Berdasarkan laporan anggota bahwa banyak pungutan yang terjadi di pelabuhan dari berbagai kegiatan. Kegiatannya tidak bisa saya sebutkan satu persatu," katanya.

Tak jarang jika pengguna jasa tidak mengaminkan pungli tersebut, maka urusannya akan terhambat. Hal itu, sudah pasti merugikan para pengguna jasa pelabuhan.

"Bisa saja kegiatan mereka terhambat kalau tidak melayani permintaan itu. Yah semoga saja kejadian ini jadi pelajaran yang baik bagi semua," katanya.

Penulis: Anne Maria
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help