BATAM TERKINI

Setelah Jalan Layang, Batam Juga Bakal Miliki Jalan Tol. Dimana Saja Jalurnya?

Menyikapi perkembangan Batam yang kian pesat, selain membangun jalan layang (fly over), ke depan rencananya Batam juga bakal memiliki jalan tol.

Setelah Jalan Layang, Batam Juga Bakal Miliki Jalan Tol. Dimana Saja Jalurnya?
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Jembatan layang Simpang Jam yang sudah hampir tersambung, Senin (8/5/2017). Setelah jalan layang, Batam juga akan memiliki jalan tol 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Menyikapi perkembangan Batam yang kian pesat, selain membangun jalan layang (fly over), ke depan rencananya Batam juga bakal memiliki jalan tol.

Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya BP Batam, Purba Robert M Sianipar mengatakan, pembangunan jalan tol itu memiliki manfaat dari sisi kecepatan akses dan kemudahan berlalulintas. Meskipun ada pemberlakuan tarif di dalamnya.

"Pembangunan jalan tol itu sesuai dengan Perpres Nomor 3 tahun 2016. Dalam peraturan itu, diminta ada trase-trase pembangunan jalan lintas Sumatera untuk memacu pertumbuhan," kata Robert, belum lama ini kepada wartawan di BP Batam.

Di antara trase itu, memang ada bagian yang akan dibangun di Batam. Robert memperkirakan pembangunan jalan tol di Batam akan dimulai pada 2018-2019 mendatang.

Ada beberapa ruas jalan yang memang diprioritaskan pembangunannya untuk jalan tol.

Baca: Maling Gasak Puluhan Slop Rokok di Indomaret Sei Binti. Begini Cara Mereka Masuk

Baca: Pengendara Vega Hantam Pick Up, Saksi Mata: Mungkin Mbaknya Meninggal Karena Kepalanya Pecah

Baca: Tak Perlu Dilantik, Djarot Langsung Jabat Plt Gubernur DKI Jakarta

"Kalau di Batam, rencananya (jalan tol) ke arah Bandara, Mukakuning. Itu sudah ada," ujar dia.

Robert melanjutkan, pekerjaan ini masuk dalam program kerja Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (PR). Menurut informasi, kementerian itu akan menugaskan badan pelaksana jalan tol--PT Hutama Karya.

"Nanti Kementerian PU PR akan tugaskan badan pelaksana jalan tol untuk mengerjakannya," kata Robert.

Sementara itu, dalam rilis Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR yang diterima dari Humas BP Batam dikatakan, Kementerian PU PR saat ini tengah mengkaji pembangunan jalan tol Batu Ampar-Mukakuning-Hang Nadim, Batam sepanjang 25 km. Nantinya ruas tol tersebut akan ditawarkan sebagai jalan tol prakarsa badan usaha. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Rabu 10 Mei 2017

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help