Lidah Mendadak Bengkak? Waspadai Sembilan Penyakit Ini

Menurut Boldsky.com, jika lidah mengalami pembengkakan, itu bisa menjadi salah satu pertanda tubuh kita menderita 9 penyakit berikut ini.

Lidah Mendadak Bengkak? Waspadai Sembilan Penyakit Ini
kompas.com
Ilustrasi. Lidah adalah sumber informasi kesehatan yang agak diabaikan. Gejala seperti demam, sakit kepala, dan muntah biasanya menarik perhatian lebih dari gejala yang berhubungan dengan lidah. 

Lidah adalah organ yang membantu proses pencernaan dengan mengunyah dan menelan makanan. Lidah juga membantu kita mengucapkan kata-kata saat berbicara. Sehingga, lidah memiliki peran yang banyak dalam kehidupan kita.

Yang belum banyak orang tahu, kondisi lidah ternyata dapat mencerminkan kesehatan seseorang. Waspada jika lidah membesar karena mengalami pembengkakan sehingga menempel atau mendesak gigi. Aktivitas makan dan berbicara menjadi terganggu.

Kondisi ini dikenal sebagai lidah bergelombang, lidah crenated, lidah pie crust atau crenulated lidah.

Menurut Boldsky.com, jika lidah mengalami pembengkakan, itu bisa menjadi salah satu pertanda tubuh kita menderita 10 penyakit berikut ini.

1. Hipotiroid

Hipotiroid digadang-gadang sebagai penyebab umum pembengkakan pada lidah. Hipotiroid adalah suatu keadaan berkurangnya produksi hormon tiroid dalam tubuh. Jika tubuh tidak memiliki cukup hormon tiroid maka lidah akan menonjol dan mengalami pembengkakan yang dapat mendorong keluar ke arah gigi.

2. Sindrom Temporomandibular Joint
Sindrom ini ditandai dengan lidah yang bergelombang, diikuti munculnya rasa nyeri pada tulang emporal atau dua sendi pada rahang. Ketika kita membuka dan menutup mulut atau mengunyah makanan sensasi nyeri semakin terasa.

3. Defisiensi Limpa Qi
Kesehatan limpa memiliki hubungan dengan bentuk lidah bergelombang. Ketika limpa membesar atau bengkak karena infeksi atau cedera, lidah pun mengalami pembengkakan.

4.Sleep Apnea
Sleep apnea adalah gangguan tidur yang cukup serius. Awam mengenalnya dengan mendengkur. Namun, napas para penderita sleep apnea terhenti sesaat ketika tertidur sehingga tubuh dan otak tidak mendapat cukup suplai oksigen. Lidah bengkak juga bisa menjadi pertanda gangguan tidur ini.

5.Kekurangan Vitamin dan Mineral
Lidah yang mengalami pembengkakan bisa juga menunjukkan kita kekurangan mineral dan vitamin B12. Tak hanya membengkak, lidah juga memerah.

6. Kecemasan
Dalam beberapa kasus rasa cemas yang berlebihan akan menyebabkan lidah membesar dan memiliki efek bergelombang di kedua sisi. Jadi, lebih baik kelola tingkat stres dan kecemasan kita, ya!

7.Alergi
Alergi juga bisa ditandai dengan lidah bengkak dan membesar. Alergi dapat disebabkan oleh keliru minum obat, makanan atau gigitan serangga.

8. Cedera Lidah
Cedera lidah berpengaruh pada pembengkakan dalam kurun waktu pendek.

9.Penyebab Genetika
Lidah bengkak atau bergerigi jugabisa mengarah pada suatu penyakit turunan atau genetika. Misalnya penderita down syndrome sebagian besar mengalami hal ini pada lidahnya. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help