TribunBatam/

Mustika Rasa

Sate Jepang Dipadu Sambal Setan

Sate taichan sekitar tiga bulan ini ramainya. Peminatnya juga banyak karena rasa sensasi pedasnya

Sate Jepang Dipadu Sambal Setan
TRIBUN BATAM
Mustika Rasa 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Sate Taichan, kini menjadi makanan yang sedang booming di Batam. Awalnya, makanan ini tren di Jakarta bahkan di Senayan berderet menjual sate ini karena memang booming dan banyak peminat.

Di Batam, mulai tiga bulan belakang sate ini juga ramai dijual.

"Sate taichan sekitar tiga bulan ini ramainya. Peminatnya juga banyak karena rasa sensasi pedasnya," kata Dewi Shandra, pemilik Mommyqueenloklok, food truck yang menjual Sate Taichan, Minggu (7/5).

Sate Taichan ini asalnya dari Jepang, dan kemudian masuk ke Indonesia khususnya Jakarta. Sampai di Indonesia, rasa sate Taichan ini dimodivikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang mayoritas doyan pedas.

Berbeda dengan sate kebanyakan, Sate Taichan meggunakan daging ayam yang berwarna putih, disantap dengan sambal cabai mentah yang dibaur dengan perasan jeruk sambal. Yang pasti, rasa asam dan pedas membuat lidah tidak berhenti untuk terus mancoba.

Di food truck ini, Sate Taichan memang termasuk menu baru. Selama ini, Mommyqueenloklok terkenal dengan makanan lokloknya. Sejak Desember 2015 lalu, loklok sudah dijual dengan menggunakan food truck.

Dewi mengatakan bahwa loklok yang artinya celup-celup yakni sate yang tusukannya berisi bermacam-macam seperti bakso, seafood, daging, hingga sayuran. Sate tersebut kemudian dicelupkan ke dalam sebuah tempat berisi minyak panas untuk digoreng sebentar lalu diberikan bumbu BBQ lalu dibakar. Bumbunya terasa hingga ke dalam.

Makanan ini terinspirasi dari jajajanan yang ada di Malaysia. Saat menjual loklok di Batam, ia kombinasi dengan bumbu dan cita rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Ada 30 pilihan loklok yang bisa dicoba. Kamu juga menambahkan keju mozarela untuk toping dengan minimal pembelian dua stik dan maksimal 8 stik. Berbagai macam pilihan loklok bisa dinikmati dengan empat jenis sambal, yaitu pedas biasa, pedas super, sambal kacang dan sambal terasi.

Mommyqueenloklok yang terletak di samping Hotel Lucky Star, Penuin. Dibuka setiap hari dari pukul 18.30 - 24.00 WIB. Harga loklok dimulai dari Rp5 ribu sampai Rp12 ribu/stik dan Sate Taichan Rp22 ribu/porsi.

Pembaca yang ingin mencoba membuat sendiri Sate Taichan bisa mengikuti resep ala Mommyqueenloklok. (mona)

Bahan Sate
1 kg ayam
10 siung Bawang putih
5 siung Bawang merah
Garam secukupnya
Jeruk sambal/ jeruk nipis

Bahan Sambal
100 gram cabai setan
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Bersihkan daging ayam terlebih dahulu. Potong kecil-kecil berbentuk dadu, sisihkan
2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan garam.
3. Setelah bumbu halus, masukkan bumbu ke dalam potongan ayam. Aduk rata.
4. Ungkap daging ayam sekitar satu jam agar bumbu masuk hingga ke dalam daging.
5. Setelah satu jam, tusukdaging ayam dengan tusukan sate sesuai selera.
6. Bakar daging ayam sekitar lima menit, sisihkan
7. Giling halus cabai setan hingga halus, masukkan bawang putih bawang merah, garam dan penyedap rasa.
8. Tuangkan sambal di atas sate, lalu peraskan air jeruk sambal atau jeruk nipis.
9. Hidangan siap disantap

Penulis: andriani
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help