Target Lepas Tukik Terbanyak, Tim MURI Siap ke Festival Padang Melang

Haris yang ditemui sejumlah awak media usai mengikuti rapat paripurna istimewa pun percaya diri, pelepasan tukik tersebut dapat meraih rekor MURI.

Target Lepas Tukik Terbanyak, Tim MURI Siap ke Festival Padang Melang
Petugas sedang mempersiapkan tukik untuk pelepasan di Festival Padang Melang, Jemaja, Kabupaten Anambas,akhir pekan ini. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Tim dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sedang bersiap menuju Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kedatangan tim itu, tidak lain untuk mencatat pelepasan tukik pada festival Padang Melang yang ditargetkan menembus rekor terhebat di Indonesia. 

"Panitia saat ini sedang mempersiapkan kedatangan tim dari MURI. Tentu besar harapan kita agar pelepasan tukik itu bisa meraih rekor MURI," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris Rabu (10/5/2017).

Haris yang ditemui sejumlah awak media usai mengikuti rapat paripurna istimewa pun percaya diri, pelepasan tukik tersebut dapat meraih rekor MURI. 

Menurutnya, meski tidak mencapai lima ribu ekor tukik, namun bila capaian tersebut bisa melewati target yang ada sebelumnya, dirinya optimis kegiatan tersebut bisa meraih rekor MURI.

"Masih bisa, rekor sebelumnya di Maluku lebih kurang mencapai 3.047 ekor. Informasi yang saya terima, saat ini jumlah yang ada mencapai 4.000 ekor. Artinya, kalau bisa lebih dari yang ada di Maluku, berkemungkinan besar kita bisa mencapai target itu," ungkapnya.  

Target pelepasan lima ribu ekor tukik alias anak penyu pada Festival Padang Melang di Jemaja sebelumnya sempat menjadi sorotan.

Soalnya, jumlah tukik yang tersedia belum mencapai jumlah yang diharapkan, sSementara, pelaksanaan festival tinggal dua hari lagi. 

"Jumlah pastinya belum kami cek. Namun kalau tidak salah, jumlahnya tidak sampai segitu (lima ribu ekor-red)," ujar Kepala Dinas Perikanan, pertanian dan pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Catharina.

Pihaknya menambahkan, dari informasi yang ia terima, banyak telur yang belum menetas dan beberapa diantaranya ada yang busuk.

Target lima ribu ekor tukik pun, diakuinya juga dibantu oleh pihak perusahaan yang memiliki base di Matak.

Dari koordinasi awal, Pemerintah Daerah bersedia menyediakan 3.500 ekor tukik sementara sisanya diakomodir oleh pihak perusahaan. 

"Setelah kami konfirmasi, jumlah tukik yang ada juga tak sampai 1.500 ekor. Dari mereka hanya bisa menyediakan 400 ekor tukik saja," bebernya.

Meski demikian, hal ini diharapkan tidak menyurutkan kemeriahan Festival Padang Melang yang berlangsung di Pulau Jemaja selama tiga hari itu.

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help