Semenanjung Korea Memanas

Militer Amerika Masih yang Terkuat di Dunia. Bagaimana dengan Korut dan Indonesia?

Bahkan, kekuatan AS ini jauh di atas Rusia atau China karena negara itu mengeluarkan anggaran tiga kali lipat lebih besar untuk militer.

Militer Amerika Masih yang Terkuat di Dunia. Bagaimana dengan Korut dan Indonesia?
internet
Kapal induk Amerika Serikat.

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Unjuk kekuatan yang akhir-akhir ini kembali terlihat di Semenanjung Korea, antara Amerika Serikat dan Korea Utara, membuast orang bertanya-tanya. Mana yang lebih kuat di antara keduanya?

Ternyata, bila dilihat dari anggaran militer seluruh negara di dunia, Amerika Serikat masih yang terkuat di dunia.

Bahkan, kekuatan AS ini jauh di atas Rusia atau China karena negara itu mengeluarkan anggaran tiga kali lipat lebih besar untuk militer.

AS menghabiskan hampir $ 600 miliar per tahun untuk anggaran pertahanannya dengan jumlah “tenaga kerja” mencapai 145.215.000

Rusia yang berada di urutan kedua hanya menghabiskan kurang dari $ 45 miliar setahun untuk pertahanan, sementara China mengeluarkan $ 161 miliar per tahun.

Terlebih lagi, AS kemungkinan akan menaikkan anggaran militer di bawah kepempimpinan Donald Trump.

Kapal induk buatan China pertama diluncurkan di tengah memanasnya Semenanjung Korea
Kapal induk buatan China pertama diluncurkan di tengah memanasnya Semenanjung Korea (Xianhua)

Trump sendiri sudah mengusulkan kenaikan $ 54 miliar untuk departemen tersebut, demikian ekspose Global Firepower seperti dilansir DailyMail, Jumat (12/5/2017).

Trump mengatakan, AS membutuhkan anggaran lebih untuk menghancurkan' ISIS, meningkatkan jumlah armada Angkatan Laut dan membangun jet tempur F-35 tambahan untuk memperluas Angkatan Udara.

Trump bahkan menyatakan, untuk menaikkan anggaran 10 persen ini, ia akan memotong belanja non-pertahanan di Departemen Luar Negeri, Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan, Badan Perlindungan Lingkungan dan puluhan program federal lainnya.

AS memiliki 19 unit pesawat terbang/helikopter, 5.884 tank, 13.762 pesawat, memiliki kekuatan angkatan 415 dan 1.400.000 personel frontline yang aktif.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved