Mabes Polri Akan Beri Rapor Layanan Publik di Polres Karimun. Begini Caranya

Tiga anggota Tim Peneliti dari Mabes Polri melakukan pengukuran kepuasan layanan publik Polres Karimun, Sabtu (13/5/2017)

Mabes Polri Akan Beri Rapor Layanan Publik di Polres Karimun. Begini Caranya
Suasana penilaian layanan publik Polres karimun yang dilakukan tim Mabes Polri, Sabtu (13/5/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Tiga anggota Tim Peneliti dari Mabes Polri melakukan pengukuran kepuasan layanan publik Polres Karimun, Sabtu (13/5/2017) pagi mulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Ketiga orang itu antara lain Kombes Dr Ernurhadi Wiyono sebagai Ketua Tim Peneliti, Kombes Dr Melina Rianti dan Dr Gausang dari Universitas Syah Kuala, Nangroe Aceh Darussalam sebagai anggota.

Pengukuran kinerja dan pelayanan publik dengan Indeks Tata Kelola (ITK) Polri di Polres Karimun, kemarin itu dilakukan dengan mengundang 33 koresponden internal dan eksternal.

Koresponden eksternal antara lain berasal dari pelbagai profesi seperti wartawan, pengacara, anggota DPRD Karimun, ormas, OKP, pengusaha, organisasi wanita dan organisasi keagamaan.

Kombes Dr Ernurhadi Wiyono mengatakan tujuan ITK tersebut untuk mengevaluasi sejauh mana pelayanan publik yang telah diberikan Polres Karimun dengan meminta respon dari koresponden eksternal di luar kepolisian.

"ITK ini akan bermanfaat dalam rangka perbaikan-perbaikan ke depan. Kinerja pelayanan polri ke depannya bisa lebih profesional. Makanya, saya mengimbau, berikan penilaian yang obyektif, kalau buruk katakan buruk, biar bisa jadi acuan ke depannya," kata Ernurhadi Wiyono dalam sambutannya.

Ernurhadi juga mengatakan kegiatan serupa sudah pernah digelar sebelumnya pada 2015 untuk 32 Polda dan 2016 pada l 69 Polres di 32 Polda.

Hasilnya Polda Kepri berada pada urutan ke-11 dari 31 Polda dengan poin 5,915 atau kecenderungan baik. Terbaik diraih Polda Jabar dengan poin 6,676.

Sementara dari 70 Polres yang jadi sampel pada 2016, Polres Ogan Ilir, Sumsel terpilih menjadi yang terbaik dengan 6,815 mengalahkan Polres Metro Jakarta Barat. Untuk kelas Polrestabes/Metro terbaik Polrestabes Semarang.

"Jadi jangan minder, Polres kita tidak bisa jadi yang terbaik walaupun ada di daerah perbatasan. Di Kepri ada tiga polres perbatasan yang kami jadikan sampel yakni Karimun, Bintan dan Natuna. Karimun jadi yang pertama yang kami ukur," sambung Dr Gausang, peneliti dari Universitas Syah Kuala, NAD.

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved