TribunBatam/
Home »

Techno

» News

Virus Wannacry Menyerang Dunia

Antisipasi Serangan Virus Wannacry, Ini yang Dilakukan Pemko Batam

Cukup di internal kita saja. Kemarin laman Media Center dan laman Pemko Batam pernah diretas juga. Makanya kami tetap waspada

Antisipasi Serangan Virus Wannacry, Ini yang Dilakukan Pemko Batam
DailyMail
Serangan hacker yang membuat sistem komputer dan telepon di NHS Hospital Inggris mati, Jumat (12/5/2017). Serangan yang sama terjadi di ratusan negara 

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Serangan virus "Wannacry" membuat panik dunia, termasuk Indonesia.

Lantaran efek serangan virus jenis malware itu membuat lumpuh komputer-komputer milik rumah sakit, perusahaan swasta, dan institusi pemerintahan secara bersamaan alias ransomware.

Di Batam, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Salim mengatakan, sejauh ini pihaknya masih bisa mengendalikan serangan siber.

Kendati begitu, pihaknya tetap waspada dengan kemungkinan yang bisa terjadi akibat serangan Wannacry.

"Untuk langkah-langkah pemulihannya sudah disampaikan langsung Menteri Kominfo, Rudiantara," kata Salim kepada wartawan, Senin (15/5).

Salim menegaskan bahwa penanganan serangan siber itu, pihaknya tidak sampai membuat tim khusus, melainkan cukup penanganan dari internal, Dinas Kominfo Kota Batam.

"Cukup di internal kita saja. Kemarin laman Media Center dan laman Pemko Batam pernah diretas juga. Makanya kami tetap waspada," ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Rudi meminta kepada pegawainya untuk membuat data cadangan.

Itu untuk meminimalkan risiko serangan program jahat tersebut.

Beberapa waktu lalu, Rudi mengatakan, kasus serupa (siber) juga pernah terjadi di Dinas Pendapatan Kota Batam (sekarang Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah).

Belajar dari kasus itu, pihaknya mewanti-wanti pegawai untuk membuat data cadangan.

"Dengan dibuat arsip datanya, kalau terjadi kerusakan atau kehilangan data di komputer, arsip ini dapat digunakan," kata Rudi.

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help