TribunBatam/

Mellennial

Unik dan Tetap Modis! Patches Batik ala Baby Wong

Motif pada batik yang digunakan bukan berasal dari batik sembarangan, melainkan batik tulis. Motifnya pun bervariasi baik yang klasik maupun modern.

Unik dan Tetap Modis! Patches Batik ala Baby Wong
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mellennial 

BERAWAL dari antimainstream Baby Wong, dia berkreasi dengan gaya busana batik. Dia mendesain agar batik tidak hanya bisa dikenakan saat acara formal, melainkan lebih fleksible di momen apapun.

Beberapa motif batik sesuai polanya, dia jahit dan dipadukan pada jeans yang mempunyai kesan kasual.

"Pemilihan jeans karena jeans cocok untuk busana kasual dan banyak digemari oleh kalangan anak usia muda. Ini cara mengajak anak muda untuk mengenakan batik dalam aktivitas sehari-hari," ungkap Baby Wong selaku disainer saat acara Bajafash di Radisson Hotel, Batam, Minggu (14/5/2017).

Motif pada batik yang digunakan bukan berasal dari batik sembarangan, melainkan batik tulis. Motifnya pun bervariasi baik yang klasik maupun modern.

Dalam desainnya, Baby Wong menggunakan batik sesuai dengan tren Mellenials yang sedang tren, satu di antaranya adalah pathces. Patches adalah penggunaan potongan gambar yang ditempel pada baju atau celana.

Jika biasanya pathces ini bergambar emoticon dan tokoh-tokoh kartun yang lucu, Baby Wong justru menggantinya dengan motif kain batik tulis.

Kain batik tulis yang digunakan berasal dari beberapa daerah di Jawa. Untuk pola juga disesuaikan dengan selera anak muda. Jadi setiap jeans akan memiliki pola yang berbeda. Tidak hanya celana, tetapi juga kaos, jaket, dan kemeja.

Uniknya lagi, busana hasil garapan Baby Wong ini menggunakan batik-batik klasik yang usianya lebih dari 40 tahun.

Sebagai kreativitas lainnya, fashion bergaya patches ini bisa juga menggunakan kain tenun sebagai pengganti batik. Bahkan, bisa dipakai tenun dan batik sisa dari jahitan baju. Patches ini tetap cantik dan trendy saat diaplikasikan pada outer, rompi atau pun bolero.

Baby Wong menyarankan, supaya tampak lebih keren, patches dijahit dengan motif zigzag.

"Sebaiknya (patches) ini dijahit ziq zaq supaya saat motif yang ada pada jeans kamu lebih keren. Selain itu bisa diganti-ganti sesuai selera ataupun saat kamu merasa bosan,"ungkap Baby Wong yang juga pemilik Rumah Batik BW+. (*)

TIPS Agar Patches Awet
1. Jangan mencuci pakaian yang terdapat batik tulisnya dengan menggunakan mensin cuci.
2. Cuci dengan manual tetapi jangan dikucek karena bisa merusak batik tulisnya. Jika terdapat noda, cukup rendam, bilan, dan jemur di tempat teduh.
3. Saat menyetrikan pun harus hati-hati. Baiknya menyeterika dengan posisi dibalik atau bisa menggunakan alas kain di atas baju yang kamu setrika. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help