TribunBatam/

Mellennial

Modern Dance Makin Energik Makin Gaul

Modern dance kian berkibar setelah kemunculan ajang pencarian bakat yang ditayangkan televisi di Indonesia.

Modern Dance Makin Energik Makin Gaul
TRIBUN BATAM/ANDRIANI
Mellennial 

MODERN dance atau tarian modern kian digandrungi para Mellenials masa kini. Di atas panggung, para penari mampu menunjukkan gerak tari yang atraktif dan mampu menarik perhatian penonton, ditambah hentakan musik yang sangat energik.

Modern dance kian berkibar setelah kemunculan ajang pencarian bakat yang ditayangkan televisi di Indonesia. Genre tari ini memang tampak lebih energik dan gaul.

Modern dance di Batam sendiri, juga sangat mudah ditemui saat even-even di tempat keramaian, seperti mal.

Seperti yang berlangsung saat acara Bule Core Yamaha Motor Show di Top 100 Tembesi pekan lalu. Saat itu ditaja lomba modern dance khususnya sexy dance dan dimenangkan oleh King and Queen Dancer.

Modern dance sendiri mulai populer di berbagai belahan dunia sejak awal abad ke-20. Tarian modern awalnya dipelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat, dan beberapa penari di Eropa Barat yang "memberontak" terhadap ballet dance serta classical dance yang duluan punya tempat ketika itu.

Pada awal 1900-an penari asal Amerika, Isadora Duncan dan Ruth St Denis, yang melakukan perlawanan terhadap tarian klasik. Langkah kedua penari modern itu juga diikuti penari Jerman yaitu Maria Wigman yang memberontak terhadap batasan-batasan yang kaku pada ballet klasik.

Tahun 1903, Isadora Duncan mengembangkan teknik tari yang dipengaruhi oleh filsafat dari Friedrich Nietzche dimana tari didasarkan pada konsep alam dan spiritual.

"Modern dance lebih banyak ke gerakan blocking dan ada pula sedikit atraksinya," terang Bobby, pembina Modern Dance dari Jazz Kru.

Sementara Jahzeel, koreografer Kazz Kru menambahkan, modern dance terbagi atas beberapa jenis seperti robot dance, blood-elf dance, break dance, sexy dancem dan hip hop dance. Sesuai namanya, robot dance adalah gerakan tari yang menirukan gerakan robot.

Blood-Elf dance yaitu tarian fleksibel atau tarian lentur. Lalu, breakdance adalah tarian yang lebih terlihat atraktif. Sedangkan sexy dance adalah tarian tarian yang menonjolkan sisi seksualitas dari para penarinya.

Terakhir, hip hop adalah tarian perpaduan yang dinamis antara beberapa elemen tarian dari rapping sampai break dance.

"Phantomim juga termasuk dalam dance, biasanya itu menyesuaikan dengan musik baru mencari gerakan yang sesuai dengan beat musiknya. Seseorang yang nge-dance tidak harus berpatok pada berat badan, tinggi agau pun cantik. Dan semua bisa dance asalkan mau belajar," jelas Jesel.

Jesel juga menambahkan, dalam modern dance durasinya sekitar 7-8 menit. Dance bisa dilakukan beberapa orang, namun secara umumnya sekitar 3-8 orang. (*)

TIPS Sukses Nge-dance Bagi Pemula
1. Harus berbaur sesama anggota yang ada dalam satu grup.
2. Jangan membeda-bedakan anggota, jangan pilih kasih, dan utamakan kekeluargaan
3. Kreatif dan mempunyai inovasi atau ide terbaru untuk menciptakan sebuah gerakan.
4. Jangan sombong dan harus rendah hati terhadap kepada siapa pun saat kamu sudah pandai modern dance.
5. Jangan pernah berhenti belajar
6. Harus percaya diri
7. Harus bisa membentuk tim yang lebih sukses dari leadernya
8. Harus rela berkorban demi tim

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help