Kini Daftar Anggota BPJS Kesehatan Bisa Lewat Dropbox Lho! Begini Mekanismenya

Untuk pendaftaran via dropbox calon peserta terlebih dahulu mendatangi kecamatan untuk menyerahkan berkas. Selanjutnya, bgeini cara urusnya

Kini Daftar Anggota BPJS Kesehatan Bisa Lewat Dropbox Lho! Begini Mekanismenya
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
Pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP) BPJS Kesehatan kini bisa melalui dropbox. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - BPJS Kesehatan menawarkan kemudahan akses bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP), BPJS Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui dropbox.

Tavip Hermansyah, selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam mengungkapkan saat ini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan,cukup dengan memasukkan berkas ke kotak pendaftaran yang terdapat di kantor kecamatan di masing- masing wilayah nanti akan segera kita proses.

“Untuk saat ini kami sudah menyebarkan 10 (sepuluh) unit dropbox di Kabupaten Karimun yaitu di 9 (Sembilan) unit di kantor kecamatan dan 1 (satu) unit di Kantor Layanan Operasional Kabupaten Karimun di Meral. Untuk wilayah Batam, dalam waktu dekat kami akan menyebarkan 13 (tiga belas) unit dropbox yaitu 12 (dua belas) unit di kantor kecamatan dan 1 (satu) unit di Kantor BPJS Kesehatan yang di Batam Centre,"

Baca: Ternyata Ini Penyebab Api yang Melalap Gedung Ramayana Sulit Dipadamkan

Baca: Sekarang Urus IMB Gak Perlu Lampirkan Fatwa Planologi. Ini Syarat Terbarunya

Baca: BREAKINGNEWS. Hari Ini Tim Terpadu Tertibkan Lahan di Tanjunguma

ungkapnya.

Untuk pendaftaran via dropbox calon peserta terlebih dahulu mendatangi kecamatan untuk menyerahkan berkas, berikutnya akan dikonfirmasi dan dicatat oleh petugas di kecamatan atau Kader JKN-KIS di masing-masing kecamatan, kemudian nanti pihak BPJS Kesehatan akan mengambil berkas dan menginput data.

Setelah data diinput, calon peserta akan menerima virtual account dan melakukan pembayaran 14 hari kemudian, setelah melakukan pembayaran pihak BPJS Kesehatan akan mencetak kartu peserta JKN-KIS lalu akan didistribusikan kepada peserta.

Hingga 5 Mei 2017, jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan kurang lebih 20.766 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik Pratama, 4.504 Dokter Prakter Perorangan, 1.143 Dokter Gigi Praktik Perorangan, dan 15 RS Tipe D Pratama.

Selain itu, BPJS Kesehatan juta telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang mencakup 2.135 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya Klinik Utama), 2.216 Apotek, dan 986 Optik yang tersebar di seluruh Indonesia.

BPJS Kesehatan juga melakukan upaya perluasan kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan yakni melalui Website BPJS Kesehatan pada Menu SIPP (Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan) serta integrasi pemberian informasi dan penanganan pengaduan melalui Hotline Service dialihkan secara langsung ke BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target kepuasan peserta yang saat ini sudah mencapai 78,6% dari target sebesar 80% sehingga meningkatkan kepuasan peserta serta memberikan kemudahan bagi calon peserta untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS. (*)

                                               

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved