TribunBatam/

Apa Persamaan Gedung Gonggong Tanjungpinang dengan Opera House di Australia? Ini Jawabanya!

Apa Persamaan Gedung Gonggong Tanjungpinang dengan Opera House di Australia? Ini Jawabanya!

Apa Persamaan Gedung Gonggong Tanjungpinang dengan Opera House di Australia? Ini Jawabanya!
KOMPAS.COM/AMBAR NADIA
Gedung Gonggong, ikon Kota Tanjungpinang yang terletak di kawasan Tepi Laut, berhadapan dengan laut Laman Boenda. Gedung ini digunakan sebagai pusat informasi bagi wisatawan 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-Gedung Gonggong yang terletak di kawasan Tepi Laut, akan dijadikan sentra wisata di Tanjungpinang, Kepri. Gedung ini baru diresmikan Oktober 2016 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Baca: Hanya Ada di Anambas, Ikan Bakar di antara Pasir dan Batu! Cara Transaksinya Jadi Sensasi!

Baca: Jangan Pernah Ngaku ke Semarang Kalau Belum Menyantap Tahu Gimbal, Ini Sensasinya!

Baca: Terungkap! Lilitan Akar Pohon Penanda Usia Vihara Senggarang di Tanjungpinang. Ini Usianya!

Letaknya yang strategis berhadapan dengan laut Laman Boenda diharapkan menyedot perhatian wisatawan yang mengincar suasana tepian laut. Apalagi, gedung ini merupakan pusat informasi bagi wisatawan.

Sayangnya, gedung ini terkesan tidak hidup karena sekelilingnya masih kosong. Hanya ada taman untuk duduk santai di dekat gedung. Selain itu, belum banyak tempat berwisata kuliner di sekitar gedung tersebut.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, pemerintah kota akan mempercantik tampilan Gedung Gonggong agar menarik lebih banyak wisatawan.

"Insya Allah, Gedung Gonggong tahun ini kita buat seperti Gedung Opera (Opera House) di Australia," kata Lis.

Gedung tersebut nantinya akan dilengkapi dengan permainan lampu yang apik sebagaimana Opera House di Sydney. Nantinya juga akan dibuat jembatan yang bentuknya indah sehingga bisa menjadi objek foto yang "kekinian".

"Karena kalau kondisi alam, di sini sangat menarik. Cost juga low cost," kata Lis.

Lis menargetkan tahun ini Gedung Gonggong selesai disempurnakan. Rencananya gedung tersebut akan menjadi tempat memamerkan kebudayaan daerah Tanjungpinang.

Dilihat secara fisik, bentuk gedung ini cukup menarik. Gedungnya berbentuk lingkaran, menyerupai gonggong berwarna emas. Seluruh dindingnya terbuat dari kaca yang nampak gelap dari luar.

Gedung tersebut terdiri dari dua lantai, dilengkapi dengan televisi yang menampilkan selayang pandang Tanjungpinang. Di lantai basement terdapat toko oleh-oleh yang menjajakan makanan dan kerajinan khas Tanjungpinang. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help