TribunBatam/

Awasi Keamanan Jajanan Takjil, Dinkes Bakal Lakukan Tes Secara Acak

Bahan berbahaya tersebut, bisa berupa pemanis, pewarna buatan yang digunakan tidak sesuai ketentuan seperti berlebihan atau bahan yang dilarang.

Awasi Keamanan Jajanan Takjil, Dinkes Bakal Lakukan Tes Secara Acak
Istimewa
Ilustrasi Takjil 

BATAM.TRIBUNNWS.COM, BATAM - Menjelang Ramadan, Dinas Kesehatan Kota Batam akan membentuk tim khusus untuk mengawasi makanan jajanan, menu berbuka puasa atau takjil yang dijual selama bulan suci Ramadan.

Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan kota Batam mengatakan, biasanya, selama Ramadan akan banyak pasar kaget yang menjual makanan jajan buka puasa.

"Sehingga, kami  harus sungguh-sungguh memperhatikan apakah makanan tersebut sehat dan bebas bahan berbahaya atau tidak," ungkap Didi kepada Tribun,  Jumat (19/5/2017).

Bahan berbahaya tersebut, bisa berupa pemanis, pewarna buatan yang digunakan tidak sesuai ketentuan seperti berlebihan atau bahkan bahan yang dilarang karena membahayakan kesehatan.

Baca: Selama Ramadan, TIKI Targetkan Kirim 2 Juta Barang

Baca: Beginilah Kalau Satpol PP Nekat Melawan Arus. Ingin Tahu Hukumannya?

Baca: LAGI. Polisi Lepaskan Terduga Pelaku Teror Terhadap Novel Baswedan

"Terkadang ada pedagang yang menambah pengawet demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Sehingga, penting bagi kami untuk melakukan pengecekan,"  katanya.

Nantinya, Dinkes Batam akan membentuk tim yang akan diturunkan ke lapangan dan mengambil sampel beberapa jenis makanan yang diminati warga.

Untuk memperlancar kinerja tim, Dinkes akan menggandeng Puskesmas di tiap-tiap wilayah untuk turut membantu mengawasi makanan selama Ramadan.

"Puskesmas di tiap-tiap wilayah sudah kita kerahkan dalam penyambutan bulan Ramadan ini," ujar Didi. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Sabtu 20 Mei 2017

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help