Hindari Delapan Hal Ini Agar Tak Kena Infeksi Saluran Kemih

Biasanya infeksi pertama akan menyerang saluran bawah yakni uretra dan kandung kemih. Kemudian bergerak ke atas dan dapat menginfeksi ureter

Hindari Delapan Hal Ini Agar Tak Kena Infeksi Saluran Kemih
NOVA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi pada bagian sistem saluran kemih. Bisa berupa uretra, ureter, kandung kemih atau bahkan ginjal.

Saluran kemih dapat dibagi menjadi dua, yakni saluran kemih bagian bawah dan saluran kemih bagian atas.

Biasanya infeksi pertama akan menyerang saluran bawah yang terdiri dari uretra dan kandung kemih. Kemudian bergerak ke atas  yang dapat menginfeksi ureter dan ginjal.

Mayoritas kasus ISK disebabkan oleh bakteri E.coli yang ditemukan pada sistem pencernaan. Bakteri seperti Chlamydia dan Mycoplasma dapat menginfeksi uretra, tapi bukan kandung kemih.

Beberapa faktor berkembangnya ISK meliputi hubungan seksual, gaya hidup yang kurang bersih, batu ginjal, penggunaan antibiotik secara berlebihan, dan lain-lain.

Seperti yang dilansir dari Boldsky.com, ini dia 8 hal yang wajib hindari agar tidak terkena infeksi saluran kemih:

1. Abaikan Gejala

Gejala ISK dapat bervariasi, gejala umum ialah perasaan panas saat buang air kecil, sering buang air kecil, warna urin keruh atau urin berdarah dan nyeri pada panggul. Terkadang demam dan menggigil juga bisa terjadi.

2. Melakukan Pengobatan Sendiri

ISK dapat dengan mudah diketahui pada tahap awal. Semakin lama menunda pengobatannya, semakin rumit masalahnya.

Pengobatan sendiri bisa mengurangi rasa sakit selama 2-3 hari, namun tidak bisa menyembuhkan kondisi yang ada. Segera berkonsultasi ke dokter sebelum minum obat apapun.

3. Terlambat Berobat

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved