TribunBatam/

Mellennial

Pengen Gowes yang Tak Biasa? Coba Tantangan Cycling Treasure Hunt

Arena CTH yang dibuka tidak hanya di hutan, tetapi juga di tengah kota seperti pasar, taman, dan di sekitar gedung-gedung bertingkat.

Pengen Gowes yang Tak Biasa? Coba Tantangan Cycling Treasure Hunt
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

BERSEPEDA itu menyehatkan guys! Selain menyehatkan, juga pastinya bisa dijadikan ajang “cuci mata” kan ya? Apalagi sekarang ada tren bersepeda dengan istilah cycling treasure hunt yang pastinya membuat kegiatan gowes makin asyik,

Cycling treasure hunt (CTH) adalah aktivitas bersepeda sambil mencari jejak dan menemukkan teka teki yang diberikan. CTH juga dikemas modern karena menggunakan gadget dan jejaring internet sebagai panduan peta dan tetap terhubung dengan pihak penyelenggara.

"Ini adalah variasi terbaru dan permainan baru dalam bersepeda. Bisa dipastikan, bersepeda sekaligus team building ini kali pertama di Batam,"kata Hary, pemilik Batam Cycling Event Crew.

Selain menyenangkan dan penuh tantangan, saat mengikuti CTH, para peserta harus mengutamakan kerja sama tim dalam mencari jalan keluar dari peta yang diberikan. Seraya mencari jalan keluar, mereka juga diberikan game yang harus diselesaikan. Game yang diberikan biasanya dalam bentuk puzel.

Untuk mengikuti CTH, biasanya memang peserta dibagi dalam tim. Satu tim yang terdiri dari minimal lima orang ini. Mereka secara bersama-sama akan memecahkan rintangan atau game yang diberikan.

Sesuai dengan namanya, CTH dilakukan di hutan dan alam terbuka. Game yang diberikan juga memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar arena.

Jarak tempuh dalam permainan untuk pemula biasanya sekitar 10-15 km, dengan waktu tempuh rata-rata 2-3 jam.

Hary menambahkan, arena CTH yang dibuka tidak hanya di hutan, tetapi juga di tengah kota seperti pasar, taman, dan di sekitar gedung-gedung bertingkat.

Gaya baru bersepeda ini sudah mulai digandrungi di hampir seluruh Indonesia. Untuk di Batam, bisa menghubungi penyelenggaranya yakni Hary (087894167922) atau via email di haryyoto@gmail.com. (*)

TIPS  Menangkan Cycling Treasure Hunt
1. Kamu harus mempunyai sepeda gunung dan memahami seluk beluknya.
2. Sehat fisik, karena bersepeda merupakan olahraga yang bertumpuh pada lutut dan pernapasan. 3. Sebelum bersepada, baiknya melakukan pemanasan terutama bagian lutut dan kaki.
4. Wajib menggunakan helmet, sarung tangan, pakaian dengan lengan panjang.
5. Jangan lupa menyiapkan bekal untuk diri sendiri berupa air minum agar tidak dehidrasi karenan akan banyak berkeringat.
6. Paham menggunakan map digital, serta paham gadget karena biasanya akan ada interaksi pengiriman foto ke pihak penyelenggara.
6. Perlunya kerja sama tim dan tidak boleh egois. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help