TribunBatam/

WOW. Tiga Mahasiswa Ini Berhasil Ubah Biji Kecipir Jadi Puding

Kecipir memiliki kadar lemak lebih rendah dibandingkan kedelai dan kaya akan vitamib, karbohidrat dan asam folat yang bagus untuk ibu hamil.

WOW. Tiga Mahasiswa Ini Berhasil Ubah Biji Kecipir Jadi Puding
TRIBUNJATIM
Dua mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya berhasil membuat puding yang sedang hits asal Thailand, Panna Cota. Kreasi mereka dipamerkan saat acara Food Expo di Atrium Rotunda, lantai 3, Ciputra World Mall, Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (19/5/17). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Siapa yang tahu biji kecipir? Ya, jenis tanaman kacang-kacangan yang satu ini biasanya dijadikan olahan sayuran.

Namun kebanyakan yang diolah adalah biji kecipir yang masih muda, sedang biji kecipir tua biasanya akan dibuang atau dijadikan bibit tanaman kecipir yang baru.

Nah, tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya berhasil membuat puding yang sedang hits asal Thailand, Panna Cota.

Tiga mahasiswa tersebut yaitu Aloysius Vincentius Calvin, Felicia Tri Sulistyo, dan Martha Christina.

Felicia mengatakan inspirasi mengolah biji kecipir didapat dari keinginan untuk mengurangi ekspor kedelai.

"Jadi awalnya sih dari tema acara kali ini yaitu inovasi produk pangan dan gizi untuk mewujudkan kemandirian nasional dimasa depan. Hal itu bisa diwujudkan dengan mengurangi mengkonsumsi produk eskpor kan, nah satu diantaranya kedelai,"ujarnya Felicia, pada Jumat (19/5/17).

Ternyata, biji kecipir memiliki kandungan yang tak kalah dengan kedelai lho.

Bahkan kecipir memiliki kadar lemak lebih rendah dibandingkan kedelai dan kaya akan vitamib, karbohidrat dan asam folat yang bagus untuk ibu hamil.

Biji kecipir sebelum menjadi puding diolah terlebih dahulu menjadi susu nabati.

"Produk susu dari kecipir sebenernya udah ada, maka dari itu kami kembangkan menjadi puding. Tinggal ditambah bahan-bahan untuk puding, gula dan krim,"ujar rekan Felicia, Aloysius.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help