Manfaatkan Potensi Air Terjun Desa Temburun, Pemkab Anambas Harus Lakukan Ini

Manfaatkan Potensi Air Terjun Desa Temburun, Pemkab Anambas Harus Lakukan Ini. Begini detailnya!

Manfaatkan Potensi Air Terjun Desa Temburun, Pemkab Anambas Harus Lakukan Ini
Net
Air Terjun Temburun Anambas

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - ‎Air terjun yang ada di Anambas berpotensi tidak hanya sekedar untuk pariwisata semata. Air terjun Temburun misalnya. Air terjun yang terletak di Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur ini, berpotensi untuk dijadikan kolam renang air tawar yang dikemas seperti gelanggang.

"Saya kira bisa seperti itu. Jadi selain obyek wisata, tidak jauh dari lokasi ada lokasi kolam renang yang layak untuk warga dan wisatawan," ujar Bambang salahsatu wisatawan lokal saat ditemui Senin (22/5/2017).

Bambang yang sudah mengunjungi Anambas sejak beberapa bulan terakhir ini, mengaku kagum dengan keindahan alam dan potensi pariwisata yang ada di Anambas, khususnya air terjun Temburun. Air yang turun langsung mengalir ke laut, diakuinya sayang bila tidak dimanfaatkan dan hanya terbuang mengalir begitu saja.

"Sudah dua atau tiga kali saya ke sana. Saya lihat, air terjun tersebut ‎dimanfaatkan oleh warga setempat untuk sumber air. Tapi, pas dekat jembatan, saya lihat air itu hanya mengalir begitu saja. Ini yang sayang. Kenapa tidak dibuat pas di tempat air terjun yang turun itu. Apakah dari daerah, atau bagaimana. Saya kira itu bagus, terlebih komitmen Pemerintah Daerahnya saya dengar ingin memajukan pariwisata," ungkapnya.

‎Hadirnya kolam renang di Anambas, selain dapat menyalurkan minat dan bakat generasi muda, juga dapat menambah pendapatan asli daerah. Koordinasi secara intens antara Pemerintah Daerah dengan pihak terkait, salahsatunya Provinsi Kepri, menjadi salahsatu hal yang dapat dilakukan untuk merealisasikan hal itu.

"Saya baca di media, Kabupaten Lingga bakal mendapat bantuan untuk pembangunan kolam renang di sana oleh Provinsi. Anggarannya kalau tidak salah Rp 9 miliar lebih. Artinya tinggal dari sini (Pemda,red), mau atau tidak. Kalau sudah dibangun kolam renang, ada biaya masuk yang akan digunakan selain untuk pendapatan asli daerah, juga untuk perawatan," beber pria yang gemar berkeliling daerah di Indonesia ini. (*)

Berita Terkait Baca Harian Tribun Batam Edisi Selasa (23/5/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help