Mellennial

Pengen Edit Foto Pakai Aplikasi Biar Kekinian? Begini Caranya

Ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih seperti Lightroom, VSCO, Snapseed, dan Picsart yang bisa bikin foto kamu oke.

Pengen Edit Foto Pakai Aplikasi Biar Kekinian? Begini Caranya
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

ZAMAN milenial begini, tentunya para Mellennials tidak bisa luput dari tren-tren yang sedang hit di play store.

Satu di antaranya adalah aplikasi edit foto yang bisa bikin tampilan kamu lebih ciamik dan enak dipandang saat diunggah di media sosial.

Hasil jepretan kamera ponsel kamu, terkadang tidak memberikan hasil yang memuaskan kan? Nah supaya lebih keren dan tampil kekinian sesuai dengan tren yang dunia maya, kamu kudu punya aplikasi edit foto yang tersedia di play store smartphone milikmu.

Ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih seperti Lightroom, VSCO, Snapseed, dan Picsart. Aplikasi ini bakal membuat foto-foto kamu lebih hidup saat dibagikan ke media sosial, terutama Instagram.

Namun, agar hasil editing foto lebih maksimal, menurut Akut Wibowo, seorang pecinta Instagram Batam, kamu harus menguasai dasar-dasar pengambilan foto yang bagus. Jika angle atau sudut fotonya sudah bagus, maka mengeditnya pun akan semakin mudah.

Sebagai contoh, dalam pengambilan foto usahakan untuk tidak menghadap matahari, karena ini akan menimbulkan hasil foto dengan latar yang gelap atau back light.

"Selain itu positioning atau angle pengambilan foto juga sangat penting dalam menghasilkan gambar sebelum edit, agar saat dilakukan pengeditan tidak terlalu berlebihan dan hasilnya pun akan maksimal," terang Akut.

Manakah aplikasi editing foto yang paling asyik dan lengkap?

Menurut Solehuddin, satu di antara selebgram Batam, untuk fitur lengkap, bisa gunakan picsart.
Sebenarnya, tambahnya, setiap aplikasi juga mempunyai kelebihan masing-masing tergantung konsep editing seperti apa yang diinginkan.

Misalnya, fitur-fitur Snapseed hampir sama dengan Lightroom dan bisa digunakan untuk olah foto dalam hal warna. Hanya saja, kedua aplikasi ini memiliki kekurangan yakni tidak memiliki filter.

Sedangkan VSCO, adalah aplikasi editing foto yang memiliki filter sehingga mempermudah dalam mengedit foto. Sementara itu, untuk Picsart mempunyi fitur dan filter yang lengkap, namun sedikit sulit dalam aplikasinya.

"Kalau kamu mau hasil yang lebih baik, bisa menggunakan VSCO karena itu aplikasi kamera yang terdapat fitur editingnya dan memiliki filter," tambahnya. (*)



TIPS Editing Foto di HP

1. Download aplikasi editing foto di playstore
2. Sebelum editing, hasil foto harus baik terlebih dahulu. Mulai dari komposisi, positioning, dan pencahayaan.
3. Jika foto di bawah sinar matahari, posisi objek harus sesuai dengan background.
4. Untuk hasil yang maksimal pada foto outdoor seperti pantai dan gunung, kamu bisa mix beberapa aplikasi edit foto seperti Snapseed, Lightroom, dan VSCO.
5. Untuk foto potrait, sengan fokusnya adalah manusia, kamu bisa gunakan aplikasi Snapseed dan VSCO. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved