Calon Ibu, Perhatikan Asupan Zat Ini Selama Kehamilan

Menurut Dr. drg. Sandra Fikawati, asupan gizi ibu hamil akan menentukan asupan gizi yang diperoleh bayi dalam kandungan.

Calon Ibu, Perhatikan Asupan Zat Ini Selama Kehamilan
KOMPAS.COM
ILUSTRASI 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Selama kehamilan, calon ibu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Sebab, asupan gizi ibu hamil akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayinya, karena sumber utama pertumbuhan dan perkembangan janin adalah dari gizi ibu.

Jadi, kesehatan janin sangat bergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

Namun sayangnya, data dari Riset Kesehatan Dasar 2013 (Riskesda 2013) menunjukkan fakta bahwa 1 dari 2 ibu hamil tidak terpenuhi kebutuhan gizinya.

Padahal, menurut Dr. drg. Sandra Fikawati, asupan gizi ibu hamil akan menentukan asupan gizi yang diperoleh bayi dalam kandungan.

“Kembali merujuk pada data Riskesdas 2013, persentase balita usia hingga 59 bulan dengan kondisi BBLR atau Bayi Berat Lahir Rendah mencapai 10,2 persen,” jelasnya.

Menurut ahli gizi dan akademisi kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia ini, kecukupan energi dan zat besi yang baik selama kehamilan dapat membantu mencegah BBLR.

Baca: MENGHARUKAN. Tangisan Veronica Tan Pecah Saat Bacakan Surat Ahok

Baca: Ikuti Sikat Gigi Massal, Begini Komentar Siswa Kelas Empat SD

“Ibu hamil membutuhkan asupan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro seperti energi dan protein berperan penting dalam proses metabolisme tubuh serta pembentukan plasenta dan organ janin,” tambahnya.

Sedangkan, zat gizi mikro terutama zat besi, asam folat, asam lemak Omega 6 dan 3, DHA, kalsium, vitamin, dan serat akan menjamin kehamilan yang sehat dan optimal.

“Maka, untuk menjamin kehamilan yang sehat dan menyusui yang berhasil, kecukupan zat gizi harus diperhatikan, baik zat gizi makro dari energi dan protein atau zat gizi mikro dari vitamin dan mineral, serta serat dan air,” katanya.

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Nova.grid.id dengan judul : Agar Berat Badan Bayi Cukup Saat Lahir, Konsumsi Makanan Berikut Saat Hamil

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved