TribunBatam/

Kabar Gembira! Anda Hendak Liburan ke Lombok? Selama Ramadhan, Hotel Tawarkan Diskon

Kabar Gembira! Anda Hendak Liburan ke Lombok? Selama Ramadhan, Hotel Tawarkan Diskon

Kabar Gembira! Anda Hendak Liburan ke Lombok? Selama Ramadhan, Hotel Tawarkan Diskon
KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA
Musik tradisional Suku Sasak, Lombok ikut memeriahkan parade budaya NTB di Mataram, Kamis (18/8/2016) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, MATARAM-Pelaku usaha perhotelan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, menawarkan potongan harga 10 persen sampai 25 persen bagi para tamu selama bulan Ramadhan. Potongan harga itu berlangsung minggu pertama bulan puasa hingga lima hari menjelang Lebaran.

"Biasanya minggu pertama puasa kunjungan sepi. Karena itu, hotel-hotel menawarkan diskon bagi tamu. Kami menawarkan diskon 10 sampai 20 persen," kata Reza Bovier, General Manager Hotel Santika, Lombok, Minggu (21/5/2017), di Mataram.

Yono Sulistio, General Manager Fave Hotel Lombok, juga mengatakan, tamu hotel relatif sepi, terutama pada awal puasa.

Setelah itu, kunjungan meningkat hingga menjelang Lebaran. Namun, jumlahnya relatif terbatas. Itu sebabnya, kali ini hotel-hotel menawarkan diskon bagi tamu.

"Kami dan city hotel umumnya menawarkan diskon maksimal 25 persen sejak minggu pertama puasa sampai lima hari menjelang Lebaran (26-27/6). Setelah puasa kami berlakukan tarif biasa karena kunjungan mulai ramai seperti liburan sekolah," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengungkapkan, Ramadhan kerap diidentikkan dengan melesunya sektor industri pariwisata.

Saat itu praktis tidak ada acara, hotel-hotel pun sepi kunjungan.

Kondisi ini menjadi tantangan bagi sektor pariwisata di Lombok atau Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Pemberian potongan harga bagi tamu hotel menjadi salah satu solusi atas kelesuan tersebut.

"Para pelaku industri perhotelan di Kota Mataram, NTB, sudah mempersiapkan potongan harga, malah ada hotel di Mataram menawarkan potongan harga 40 persen hingga 50 persen selama bulan Ramadhan bagi wisatawan yang datang," ujarnya.

Saat Ramadhan, Pemda NTB akan menggelar acara Pesona Khazanah Ramadhan di Mataram yang akan dibuka pada Kamis (25/5/2017).

Sejumlah kegiatan yang dilakukan guna menyemarakkan bulan Ramadhan, antara lain, Fun Run & Walk 5 km keliling Kota Mataram.

Selain itu, selama sebulan digelar pameran foto, kuliner, buku, seni budaya, serta shalat Tarawih dan Tahajud yang dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Mataram.

Dalam Pesona Khazanah Ramadhan akan dihadirkan imam besar dari Jordania, Maroko, Lebanon, Mesir, dan Suriah. Mereka akan bergantian menjadi imam shalat Tarawih di Masjid Hubbul Wathan.

Acara ini dinilai sejalan dengan keberadaan Lombok sebagai destinasi wisata halal sehingga kegiatan bernilai keislaman selaras dengan destinasi wisata halal. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help