Semarak Ramadan

Harga Daging Sapi Segar dan Beku di Pasara Batam Masih Normal

Sehari biasanya motong satu ekor, sekarang dua ekor. Meningkatlah permintaan masyarakat ini. Stok masih ada yang lama, tapi sekarang bos masih cari

Harga Daging Sapi Segar dan Beku di Pasara Batam Masih Normal
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Satgas Pangan Kota Batam memeriksa persediaan daging beku di pasar Puja Bahari Nagoya, Batam, Rabu (24/5/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Jelang Ramadan, para pedagang daging sapi segar dan beku menambah stoknya.

Hal itu dilakukan untuk antisipasi permintaan daging dari konsumen saat Ramadan nanti.

Toko daging Jagal Utama yang berada di Pasar Puja Bahari, contohnya. Jika satu hari hanya memotong satu ekor sapi, namun menjelang Ramadan ini dua ekor per hari.

"Sehari biasanya motong satu ekor, sekarang dua ekor. Meningkatlah permintaan masyarakat ini. Stok masih ada yang lama, tapi sekarang bos juga masih cari stok lagi," tutur satu di antara penjaga toko daging itu, Yanto.

Menurut Yanto, bosnya biasa mencari stok sapi tersebut di daerah Jawa, seperti Malang.

"Biasanya dari Jawa Timur. Malang. Kadang juga Bali. Di sini anak buah semua," ujar Yanto saat ditanyai oleh tim Satgas Ketahanan Pangan.

Untuk satu kilogram daging sapi segar pun masih dijual dengan harga normal, sekitar Rp 120 ribu sampai Rp 130 ribu per kilogram.

"Di sini masih Rp 130 ribu satu kilogram. Belum ada kenaikan. Mau dinaikkan pun nanti nggak ada yang mau beli karena masih ada juga sapi beku kan. Susahnya daging segar begitu, kalau dinaikan nggak ada yang beli," ucap Yanto.

Yanto menyebutkan, kalaupun ada kenaikan, biasanya hanya berkisar Rp 10 ribu per kilogramnya.

"Paling kalau naik pun Rp 140 ribu. Kalau nanti ambil sapi pas lebaran kan ada kenaikan juga karena ongkos biasanya naik. Cuma, ya, belum bisa kita hitung juga," kata dia.

Harga daging sapi beku pun masih normal. Tim Satgas ketahanan pangan menyambangi dua distributor daging beku. Didapatkan informasi bahwa harga daging sapi beku masih di kisaran Rp 74 ribu per kilogram.

"Dari distributor masih bervariasi dari Rp 70 ribu sampai Rp 74 ribu per kilogram. Di pasaran dilepas Rp 78 ribu sampai Rp 80 ribu perkilogram. Jadi masih ada untung Rp 4 ribu lebihlah pedagang di pasar. Stok sendiri dari distributor menyatakan aman sampai dengan habis lebaran. Mereka sudah antisipasi juga dengan menambah stok, tapi dengan jumlah yang wajar," ucap ketua Satgas ketahanan Pangan Polda Kepri, Kombes Budi Suryanto.

Penulis: Anne Maria
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help