Jelang Lebaran, Kendaraan Pengangkut Barang Dilarang Lewat Jalur Mudik. Cek Jadwal dan Kriterianya

Menjelang masuknya masa mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan kebijakan terbaru untuk meminimalkan kemacetan jalur mudik Lebaran 2017

Jelang Lebaran, Kendaraan Pengangkut Barang Dilarang Lewat Jalur Mudik. Cek Jadwal dan Kriterianya
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang masuknya masa mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan kebijakan terbaru untuk meminimalkan kemacetan jalur mudik Lebaran 2017.

Kebijakan tersebut adalah dengan membatasi operasional kendaraan angkutan barang melintasi jalur mudik Lebaran 2017.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembatasan operasional angkutan barang ini tercantum pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2017 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Melalui Pembatasan Operasional Kendaraan Bermotor dan Penutupan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor Pada Masa Angkutan Lebaran. 

Dalam hal ini, terang Menhub Budi Karya, angkutan barang akan dibatasi pada H-4 sebelum Lebaran hingga H+4 setelah Lebaran.

"Angkutan barang pada dasarnya, kita membatasi empat hari sebelum Lebaran dan empat hari sesudah Lebaran, terutama kendaraan angkutan barang tiga sumbu," ujar Menhub Budi Karya di Jakarta, Selasa (23/5/2017). 

Baca: HOREE. Akhirnya Gubernur Revisi Kenaikan Tarif Dasar Listrik. Ini Persentase Kenaikan Terbaru

Baca: Protes Kenaikan Tarif Listrik, Massa Usung Peti Mati ke Kantor Wali Kota

Baca: TERUNGKAP. Ada Wajib Pajak Besar Masuk Keranjang Pemeriksaan. Ini Pelanggarannya

Adapun, pembatasan operasional bagi kendaraan angkutan barang yang mengangkut di antaranya, barang galian atau barang tambang, seperti pasir, tanah, batu, dan batubara.

Selain itu angkutan barang dengan berat yang diizinkan (JBI) lebih dari 14.000  kilogram, dan serta mobil barang dengan kereta tempelan atau kereta gandengan.

Sementara itu, untuk kendaraan angkutan barang dengan dua sumbu masih diperbolehkan untuk melintas di jalur mudik Lebaran.

Oleh karena itu, Menhub Budi Karya menghimbau pengusaha menggunakan angkutan barang dua sumbu jika kegiatan bisnis ingin berjalan.

"Kami menghimbau pengusaha yang ingin menjalankan kegiatan menggunakan dua sumbu biar bisa berjalan," imbuh dia. 

Dalam hal ini, seluruh jembatan timbang di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Bali ditutup sementara dan difungsikan sebagai tempat istirahat bagi para pengguna jalan. Ini dilakukan pada H-7 pukul 00.00 WIB sampai dengan H+7 pukul 24.00 WIB. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul: Kemenhub Batasi Operasional Kendaraan Angkutan Barang Saat Mudik

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved