Terungkap, Bagini Kesibukan Facebook Menyensor dan Hadapi Jutaan Laporan Setiap Hari

Bocoran dokumen tersebut merupakan hasil investigasi The Guardian yang disiarkan dalam laman harian ini pada edisi Senin, (22/5/2017)

Terungkap, Bagini Kesibukan Facebook Menyensor dan Hadapi Jutaan Laporan Setiap Hari
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Facebook terungkap tidak langsung menghapus informasi yang mengandung kekerasan atau kebencian yang diunggah penggunanya.

Fakta mengejutkan tersebut terungkap dari dokumen rahasia yang bocor dan diungkap ke publik.

Adalah harian terkemuka Inggris The Guardian yang mendapat "lebih dari 100 pedoman pelatihan internal, spreadsheet, dan diagram alur" milik Facebook yang sejatinya hanya untuk internal perusahaan.

Isi dokumen rahasia tersebut membeberkan cara raksasa media sosial itu menyensor atau memutuskan materi apa yang boleh dan tidak boleh diunggah.

Baca: RT Curhat di Wall Facebook Pak Lurah Soal Insentif Terlambat. Bupati Bintan Jelaskan, Ini Sebabnya

Baca: Beri Keterangan Palsu Terkait WhatsApp, Facebook Kena Denda Rp 2 Triliun

Termasuk di dalamnya, video livestreaming bunuh diri yang baru-baru ini terjadi Indonesia.

Bocoran dokumen tersebut merupakan hasil investigasi The Guardian yang disiarkan dalam laman harian ini pada edisi Senin, (22/5/2017).

"Aturan-aturan dan pedoman-pedoman rahasia Facebook untuk menentukan apa yang boleh di-posting dua miliar penggunanya di situs itu untuk pertama kalinya tersingkapkan oleh penyelidikan Guardian yang akan memicu debat global mengenai peran dan etika raksasa media sosial itu," tulis The Guardian dalam laporan utamanya, seperti dikutip dari Antara.

Guardian mengaku telah melihat dan mempelajari 100 manual pelatihan internal, spreadsheet dan bagan atau flowchart yang digunakan Facebook untuk memoderasi masalah-masalah seperti kekerasan, ujaran kebencian, pornografi, rasisme, dan bunuh diri.

Halaman
123
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved