Hari "Meugang" di Aceh Barat, Harga Daging Capai Rp 180 Ribu. Ini Reaksinya!

Hari "Meugang" di Aceh Barat, Harga Daging Capai Rp 180 Ribu. Ini alasan di baliknya!

Hari
KOMPAS.COM/ RAJA UMAR
Pedagang daging di ruas jalan Pasar Bina Usaha Meulaboh, Kamis (25/5/17) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, MEULABOH-Lapak pedagang daging dadakan di ruas jalan Pasar Bina Usaha Meulaboh Kabupaten Aceh Barat diserbu oleh warga yang ingin merayakan hari meugang. Meugang merupakan tradisi perayaan sebelum memasuki bulan suci Ramadan yang khas Aceh.

Baca: Ingin Bertemu Presiden Jokowi, Titin Mengaku Tak Bisa Tidur. Ini Pengakuannya!

Baca: Terungkap! Khamim Jalani Laku Batin Ini Sebelum Jalan Kaki ke Mekkah Bermodal Rp 1 Juta

Harga daging Kamis (25/5/2017) ini melonjak naik hingga mencapai Rp 180 ribu per kilogramnya. “Harga daging hari ini kami jual Rp 180 ribu, tadi pagi sempat Rp 170 ribu tapi sekarang sudah naik lagi,” kata Muchlis, salah satu pedagang daging kepada Kompas.com.

Meski harga daging mengalami kenaikan drastis, namun kata Muchlis minat pembeli terus meningkat karena setiap hari meugang semua warga di Aceh Barat ikut membeli daging untuk merayakan bulan suci Ramadhan.

“Walaupun harganya mahal, pembeli hari ini terus meningkat karena untuk kebutuhan meugang,” katanya. Harga daging pada hari biasa sebelumnya hanya dijual Rp 120 ribu per kilogam.

Apalagi menjalang hari meugang Bupati Aceh Barat telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 524/449/v/2017 yaitu larangan kepada pedagang untuk tidak menjual daging selama dua hari sebelum memasuki meugang. .

“Menyambut hari meugang, di Aceh Barat sejak hari Selasa dan Rabu kemarin pedagang tidak menjual daging, sesuai dengan Surat Edaran Bupati, sehingga hari ini (saat sudah dibolehkan berdagang daging) terlihat ramai dan meriah suasana meugang khasnya Aceh, ” kata TM Husein, Kepala UPTD Pasar Meulaboh. (*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hari "Meugang", Harga Daging Capai Rp 180 Ribu di Aceh Barat

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help