BATAM TERKINI

Satgas Mafia Pangan Sidak Tiga Pasar di Batam. Ini Hasilnya

Tujuannya, tak lain untuk memastikan harga bahan pangan yang ditetapkan para pedagang tidak sampai ‎mencekik warga. Juga untuk mengecek stok barang.

Satgas Mafia Pangan Sidak Tiga Pasar di Batam. Ini Hasilnya
TRIBUNBATAM/ANNE MARIA
Satgas Mafia Pangan menggelar sidak ke tiga pasar termasuk pasar TOS 3000, Senin (29/5/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - ‎Pasar Tos 3000, Puja Bahari, serta supermarket Top 100 Penuin menjadi tiga lokasi pasar yang disidak tim Satgas Mafia Pangan, Senin (29/5/2017) pagi.

Di sana, tim yang merupakan gabungan dari beberapa instansi tersebut menanyakan harga barang-barang kebutuhan masyarakat kepada para pedagang, juga pembeli yang ada.

Tujuannya, tak lain untuk memastikan harga bahan pangan yang ditetapkan para pedagang tidak sampai ‎mencekik warga. Juga untuk melihat ketersediaan stok di pasar.

"Kita lakukan ini untuk memastikan kebutuhan pokok, khususnya di Batam, terutama kebutuhan yang mendasar seperti beras, gula, daging itu mencukupi," ujar Kapolresta Barelang, AKBP Hengki.

Baca: Geng Motor Makin Marak, Ini Tindakan Polda Metro Jaya Selama Ramadan

Baca: Butuh Menu Pembuka Puasa? Coba Puding Mangga Selasih

Baca: TERUNGKAP. Inilah Jumlah Harta Pejabat BPK yang Tertangkap KPK

Selain itu, satgas inipun mengecek tentang tanggal kadaluarsa produk makanan kalengan dan kemasan. Mulai dari susu kaleng, ‎daging kalengan dan lainnya. Baik yang beredar di pasar-pasar tradisional maupun Top 100.

"Sejauh ini alhamdulilah, semua kekhawatiran kita tidak ditemukan di lapangan. Harga-harga masih stabil, kita juga tidak temukan produk yang lewat tanggal kadaluarsanya. Mengenai harga ini, kalaupun ada yang naik, masih tidak signifikan. Contohnya cabe merah," tutur Hengki.

‎Menurut keterangan yang didapatnya dari para pedagang cabe di pasar, harga sedikit naik, karena ongkos kirimnya.

"Naik karena biaya transportasinya dari Medan ke sini. Ongkosnya saja sudah Rp 8.000 per kilogram kalau naik pesawat dari Medan ke sini. Daripada naik kapal laut, tidak ada ongkos kirim, tapi sampai sini sudah membusuk. Sedangkan harga yang lain masih stabil, mulai dari bawang merah, sayur-sayuran, daging semua normal," tuturnya. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Selasa 30 Mei 2017

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved