TribunBatam/

Sering Pingsan Mendadak? Jangan Sepelekan. Cek Tujuh Penyebab Berikut Ini

Sebelum pingsan orang terkadang tidak peka atau bahkan tidak merasakan sesuatu yang salah dengan tubuhnya.

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Pingsan mendadak kerap dialami orang. Penyebabnya pun beragam. Namun, pemicu utama seseorang pingsan adalah karena irama jantung sedang tidak normal dan suplai oksigen ke otak menurun.

"Penyebabnya bisa berasal dari berbagai bagian tubuh, termasuk tekanan darah seseorang yang turun, detak jantung turun, dan karena alasan neurologis yang terlepas dari jantung," jelas Lawrence Phillips, M.D., asisten profesor kedokteran pada divisi kardiologi New York University Langone Medical Center.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena memiliki potensi sebagai sinyal yang berbahaya. Masalahnya, sebelum pingsan orang terkadang tidak peka atau bahkan tidak merasakan sesuatu yang salah dengan tubuhnya.

Padahal jika kita peka, saat tubuh misalnya mengalami penurunan tekanan darah atau detak jantung, kita akan merasakan ciri-ciri pusing, kepala terasa ringan, dan disertai perasaan ruangan berputar di sekitar kita.

Menurut Phillips ada 7 penyebab seseorang pingsan:

1. Dehidrasi

Saat suhu ruangan panas, suhu tubuh panas dan berkeringat, kita bisa kehilangan terlalu banyak cairan dan merasa pusing, bahkan hingga pingsan.

Panas memicu sistem saraf yang menyebabkan tekanan darah turun. Bila merasa pusing karena dehidrasi dan panas, perbanyaklah minum dan berbaring tenang menggunakan pakaian yang nyaman agar suplai darah dan oksigen ke otak dan jantung lancar.

2. Terkejut

Jangan sembarangan memberi kejutan, ya. Saat terkejut, sistem saraf kita pada dasarnya menjadi overdrive. Tekanan darah bisa turun tiba-tiba, menyebabkan seperti ada kilatan cahaya di kepala, merasa mual, dan bisa jatuh pingsan.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help