BATAM TERKINI

Tahun Ini, Pemko Batam Sebar CCTv di Wilayah Rawan Kejahatan. Mana Saja Titiknya?

Dinas Komunikasi dan Informartika (Diskominfo) Kota Batam menargetkan pemasangan 40 unit CCTv di 20 titik lokasi, bisa beroperasional Agustus nanti.

Tahun Ini, Pemko Batam Sebar CCTv di Wilayah Rawan Kejahatan. Mana Saja Titiknya?
Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Dinas Komunikasi dan Informartika (Diskominfo) Kota Batam menargetkan pemasangan 40 unit CCTv di 20 titik lokasi, bisa beroperasional Agustus mendatang.

"Mudah-mudahan Agustus sudah bisa jalan kalau tidak ada kendala. Tapi memang harus tahun ini," kata Kepala Diskominfo, Salim, Senin (29/5/2017) di Batam Center.

Dia tak memungkiri, keberadaan CCTv itu salah satu fungsinya untuk memantau keamanan di Kota Batam. Terutama di titik rawan kejahatan.

"Memang untuk memantau keamanan. Jadi mana titik-titik yang sudah diadakan CCTv-nya oleh Dinas Perhubungan dan Polres, kami tak pasang lagi di situ," ujar dia.

Baca: Banyak Perusahaan Tutup, Begini Nasib Pencari Kerja di Batam

Baca: Ditinggal Tarawih, Maling Bobol Rumah Warga dan Gondol Surat Berharga

Baca: Ikut Sidak ke Pasar, Begini Pesan Kepala Disperindag Batam Pada Penjual

Adapun sejumlah titik yang dipasang CCTv dan terhubung ke ruang kontrol itu, diantaranya di Simpang Kejaksaan Negeri Batam, Simpang Masjid Raya Batam, di Bundaran Madani-Batam Center, jalur lambat di Sukajadi. Kemudian di depan Perumahan Delta Villa-Sekupang, hutan Mata Kucing, di Southlink, arah ke Sambau-Nongsa dan lainnya.

Termasuk juga di atas Gedung Wali Kota Batam, dan Gedung DPRD Kota Batam.

"Dari 20 titik yang dipasang itu, satu titiknya bisa sampai tiga unit CCTv. Ada yang satu, ada yang dua unit CCTv," kata Salim.

Dia melanjutkan, untuk progres saat ini memang masih menunggu sewa link yang nantinya akan terhubung ke ruang kontrol. Salim memperkirakan paling tidak memakan waktu sekitar 1,5 bulan untuk penyelesaiannya.

"Jadi perkiraan kami memang Agustus CCTv-nya bisa beroperasional," ujar dia.

Untuk keseluruhan anggaran pengadaan CCTv tersebut, termasuk komputer, jaringan, tiang dan lainnya, menggunakan dana APBD Kota Batam 2017. Yakni total nilainya Rp 5 miliar. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Selasa 30 Mei 2017

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved