TribunBatam/

Bukan Gejala Serius Tapi Menyakitkan, Begini cara Atasi Kram Jari Kaki

Pernahkah Anda mengalami kram yang muncul secara tiba-tiba? Tak hanya tangan atau kaki, terkadang kram juga menyerang jari-jari kaki kita.

Bukan Gejala Serius Tapi Menyakitkan, Begini cara Atasi Kram Jari Kaki
NOVA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Pernahkah Anda mengalami kram yang muncul secara tiba-tiba? Tak hanya tangan atau kaki, terkadang kram juga menyerang jari-jari kaki kita.

Apalagi bila terjadi berulang-ulang pada jari yang sama, kondisi tersebut menjadi tanda bahwa kita melakukan suatu aktivitas secara berlebihan.

Seperti yang dijelaskan oleh Charles Kim, M.D., spesialis dari NYU Langone’s Rusk Rehabilitation, meskipun secara umum kram bukan gejala serius namun bila dirasa semakin parah kita wajib konsultasi ke dokter.

Kram di kaki yang sering muncul bisa menjadi pertanda bahwa adanya gangguan pada sirkulasi darah atau sistem saraf pusat kita.

Meskipun demikian, kebanyakan kram kaki bisa kita obati dengan cara yang mudah tanpa harus ke dokter.

Kram pada jari kaki biasanya dipicu oleh berbagai faktor, namun kebanyakan terjadi karena dehidrasi, kurangnya mineral tubuh seperti potassium, kalsium, dan magnesium, serta aktivitas tertentu yang berlebihan.

Baca: Dua Kali Kedapatan Ada Narkoba, Pemerintah Bakal Tutup Operasional Diskotek

Baca: Kerap Disebut Bunga Kuburan, Ini Sejumlah Manfaat Pohon Kamboja

Baca: Menu Buka Puasa, Yuk Bikin Puding Leci Susu

Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kalsium bersama dengan keringat, sehingga mudah terjadi kurangnya kalsium dalam tubuh.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help