Mengintip Tradisi Unik Bangunkan Sahur di Bintan Timur. Suara Ember Ini Dirindukan!

Meski pernah disiram air lantaran berisik, tradisi bangunkan warga sahur keliling kampung sembari tetabuhan selalu dirindukan!

Mengintip Tradisi Unik Bangunkan Sahur di Bintan Timur. Suara Ember Ini Dirindukan!
tribunbatam/aminnudin
Remaja Kijang berpose sebelum aktivitas bangunkan warga sahur 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Beragam tradisi unik pada ramadan kali ini di Bintan. Salah satunya tradisi keliling membangunkan orang sahur yang masih dilestrarikan warga Kijang di Kecamatan Bintan Timur.

Baca: Inilah Gua Tempat Sunan Kalijaga Bertapa! Ada Alquran Tulis Tangan Pakai Tinta Emas!

Baca: Mengejutkan! Inilah Menu Sahur Keluarga Agus Yudhoyono. Ini Penampakannya!

Di Kijang, tradisi membangunkan orang sahur cukup seru. Yakni dengan berkeliling membawa ember, kaleng bekas, botol, hingga galon bekas. Aktifitas ini banyak dilakoni kalangan remaja

yang dengan secara sukarela berkeliling mulai pukul 03.00 pagi untuk mengajak orang bersahur dengan cara memukul barang bekas yang sudah disiapkan.

Meski terdengar berisik, namun warga Kijang tampaknya merasa tak terusik dengan kegiatan para remaja tersebut. Tradisi itu bahkan selalu dirindukan setiap momen ramadan karena dianggap sudah turun temurun.

"Senang malah, karena tradisi bangunkan orang dengan memukulkan aneka perlengkapan bekas sudah lama ada di sini (Kijang). Justru tidak berkesan ramadan kalau tidak ada aksi begituannya,"kata Uje, Warga Kijang.

Uje mengaku, waktu masih usia belasan, atau tepatnya 15 tahun silam, dia juga aktif mengikuti kegiatan membangunkan orang berkeliling tersebut.

Banyak pengalaman seru yang dia dapatkan dan sampai saat ini masih melekat diingatannya. "Pernah kami kena siram, gara gara terlalu berisik, tapi bukannya marah, kami tambah semangat,"kata Uje.

Salah satu peserta bangun sahur keliling, Muhammad Nasrudin mengatakan, apa yang dia lakukan bersama rombongannya setiap malam dilandasi niat baik,

yakni agar mereka yang lupa sahur jadi terbangun begitu mendegar dentuman bunyi yang mereka buat. Apalagi kegiatan itu dilakukan dengan penuh semangat dan ramai.

"Pokoknya seru sekali. Banyak serunya dari pada tak enaknya. Harapannya semoga dengan kegiatan kami ini orang jadi terbantu, dan bisa sahur,"kata Nasruddin. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved