Tak Tunggu Proses Banding Jaksa, Ini Alasan DPRD DKI Segera Umumkan Pengunduran Diri Ahok

DPRD DKI Jakarta akan menggelar sidang paripurna terkait pengumuman pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur. Ini alasannya.

Tak Tunggu Proses Banding Jaksa, Ini Alasan DPRD DKI Segera Umumkan Pengunduran Diri Ahok
WARTAKOTA
Terdakwa dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama mengikuti sidang lanjutan yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (25/4/2017). Sidang tersebut beragendakan pembacaan nota pembelaan (pleidoi) dari terdakwa dan kuasa hukumnya. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  DPRD DKI Jakarta akan menggelar sidang paripurna terkait pengumuman pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur.

Menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik, sidang paripurna tersebut digelar mengacu pada surat pengunduran diri Basuki atau Ahok.

Hal ini tidak mengacu kepada vonis hakim terhadap kasus penodaan agama. Oleh karena itu, kata Taufik, DPRD DKI tidak menunggu hasil banding jaksa untuk memproses surat itu.

"Kalau dasarnya surat pengunduran diri, kan enggak peduli mau banding atau apa, dia sudah mengundurkan diri," ujar Taufik ketika dihubungi, Selasa (30/5/2017).

Langkah ini berbeda dengan pendapat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tjahjo sebelumnya mengatakan pihaknya menunggu keputusan kejaksaan dalam kasus dugaan penodaan agama untuk memproses pengunduran diri Ahok sebagai gubernur.

Baca: Surat Perintah Penangkapan Rizieq Keluar, Ini Langkah Polisi Sebelum Keluarkan Status DPO

Baca: Ketahuan Membuat Laporan Palsu, Pasangan Muda Ini Dinikahkan di Musala Polsek

Baca: Mirip Tembakau Gorila, Narkoba Flakka Lebih Berbahaya. Ini Efek Buruknya Bagi Pengguna

"Kalau Kemendagri nungguin jaksa berarti kan Ahok itu diberhentikan. Kalau kami (DPRD) ini kan mengumumkan pengunduran diri Ahok," ujar Taufik.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan kejaksaan dalam kasus dugaan penodaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk memproses pengunduran diri Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ahok telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

"Tunggu Pak Jaksa Agung apakah kejaksaan masih banding atau tidak," ujar Tjahjo di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Minggu (28/5/2017). (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul: DPRD DKI Tak Tunggu Hasil Banding Jaksa untuk Umumkan Pengunduran Diri Ahok

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved