Australia Larang Corby Ambil Keuntungan dari Kasus Hukumnya di Indonesia. Ini Alasannya

Sejak kembali ke rumahnya, Corby belum memberikan komentar publik, tetapi dia telah mengunggah foto ke ribuan followers akun Instagram-nya

Australia Larang Corby Ambil Keuntungan dari Kasus Hukumnya di Indonesia. Ini Alasannya
AAP/Australia Plus
Schapelle Leigh Corby 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, CANBERRA - Pemerintah Australia akan berupaya memastikan mantan terpidana kasus narkoba Schapelle Corby tidak mengambil keuntungan dari pelanggaran hukum yang membuatnya dipenjara di Indonesia.

Corby (39) mendarat di Brisbane dari Indonesia pada Minggu (28/5/2017) dan berhasil menghindari media yang menunggunya dengan menggunakan jasa petugas keamanan berjumlah besar yang diorganisir dengan baik.

Sejak kembali ke rumahnya, Corby belum memberikan komentar publik, tetapi dia telah mengunggah foto ke ribuan followers akun Instagram-nya yang baru dibuat.

Sementara itu, mantan Presiden Masyarakat Hukum Queensland, Bill Potts mengatakan, Corby dilarang mendapatkan keuntungan dari menjual ceritanya melalui sponsorship atau kesepakatan wawancara di media.

Baca: Amerika Sukses Uji Coba Sistem Pertahanan Anti-Misil Antar Benua. Antisipasi Serangan Korut?

Baca: Ada Apa? Polisi Menutup dan Mengepung Bandara Orlando, AS

"Jika dia menerima uang, secara langsung atau tidak langsung, dan itu termasuk melalui teman, sponsor, dan keluarga, maka Pemerintah Persemakmuran dapat merampas uang itu kembali," katanya.

Meski demikian, Bill Potts mengatakan, ada banyak celah dalam aturan tersebut, misalnya Corby dapat dibayar untuk tampil di televisi atau iklan di mana dia tidak secara langsung membicarakan kisah pelanggaran hukumnya.

Potts mengatakan, kemungkinan besar pemerintah akan mengawasi ketat jejak uang Corby saat ini.

"Ada yang membayar untuk tiket pesawat tersebut, seseorang membayar untuk keamanan yang rumit itu," katanya.

Halaman
123
Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help