Sebaiknya Anda Tahu

Bukan Kuis! Pilih Tempe Dibungkus Daun atau Tempe Dibungkus Plastik? Ini Jawabannya

Bukan Kuis! Pilih Tempe Dibungkus Daun atau Tempe Dibungkus Plastik? Ini Jawabannya

Bukan Kuis! Pilih Tempe Dibungkus Daun atau Tempe Dibungkus Plastik? Ini Jawabannya
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Budi (31) sedang menata tempe yang sudah selesai masa fermentasi, dan siap jual di Rumah Tempe Indonesia, Bogor, Selasa (23/5/2017) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BOGOR-Pernahkah Anda melihat tempe yang dibungkus dengan daun dan tempe dibungkus plastik? Manakah di antaranya yang paling baik?

Baca: Terungkap! Inilah 8 Fakta Mengejutkan Irwan Mussry, Pria Super Tajir Calon Maia Estianty

Baca: Heboh! Komeng Jadi Saksi Nikah, Mempelai Wanita Ini Tak Bisa Berhenti Tertawa

Kedua kemasan tempe tadi bisa kita dapatkan di beberapa pasar modern maupun pasar tradisional di Indonesia.

Jika Anda belaja ke sebuah daerah atau kota kecil, maka dengan mudah memperoleh tempe dengan bungkus daun pisang. Sedangkan di kota besar atau pasar perkotaan akan lebih mudah menemukan tempe bungkus plastik.

Kepala Koperasi Pengusaha Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) Kabupaten Bogor, Sukhaeri mengatakan memang ada perbedaan antara keduanya. Keduanya memiliki nilai positif maupun negatif.

“Seperti makan nasi aja kalau nasi uduk dibungkus dengan daun pasti kan lebih wangi dan aromanya khas. Begitupun tempe bungkus daun, keunggulannya lebih enak,” ujarnya pada KompasTravel saat berkunjung ke Rumah Tempe Indonesia (RTI), Selasa (23/5/2017).

Hanya, menurut Sukhaeri, persoalan ketersediaan daun yang tidak konsisten menjadi penghambat. Perajin tempe di desa akan lebih mudah mendapatkan stok daun bagus, sedangkan di kota, daun hanya banyak pada musim hujan.

Lalu ia juga melihat di dalam tempe tersebut mengandung bakteri baik hasil fermentasi. Bakteri baik tersebut dinilai cukup sensitif terhadap cemaran bakteri lainnya. Sehingga jika menggunakan daun, harus benar-benar dipastikan daun tersebut bersih, tidak malah mengandung bakteri jahat.

“Bisa gak kita menjamin, cemaran yang muncul dari daun itu tidak berpengaruh terhadap bakteri baik di tempe. Mungkin bisa dibilang aman kalau kita tahu tempat dapat daunnya di mana,” ujar Sukhaeri.

Kesimpulan yang ia tarik ialah jika soal rasa, memang tempe dibungkus daun lah yang lebih unggul. Dengan catatan daunnya bersih dan diperoleh dari tempat yang tidak tercemar.

Sedangkan jika merujuk dalam segi kebersihan, yang tertutup plastik lah yang bisa dibilang ”lebih aman”. (*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pilih Tempe Dibungkus Daun atau Tempe Dibungkus Plastik?

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help