Kini Memancing Jadi Aktivitas Menunggu Buka Puasa di Anambas, Ini Pengakuan Warga!

Kini Memancing Jadi Aktivitas Menunggu Buka Puasa di Anambas, Ini Pengakuan Warga!

Kini Memancing Jadi Aktivitas Menunggu Buka Puasa di Anambas, Ini Pengakuan Warga!
TRIBUNBATAM/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Warga memilih melakukan aktifitas memancing saat tak bisa melaut karena musim angin utara di Anambas, Kamis (29/12/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-Beragam cara dilakukan umat Islam untuk menunggu waktu berbuka. Selain beribadah di masjid, banyak cara yang bermanfaat serta positif untuk menunggu waktu adzan Magrib tiba penanda waktu berbuka.

Baca: Bikin Merinding! Inilah Kata-kata Terakhir Yana Zein Sebelum Meninggal Dunia

Baca: Terkait Tudingan Main Proyek, Pejabat Kejari Tanjungpinang Siap Diperiksa Kejati Kepri

Baca: Inilah Evolusi Gambar Garuda di Lambang Negara Kita. Ini Gambar Awalnya!

Di Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas, memancing menjadi salahsatu aktivitas yang terbilang favorit dilakukan oleh masyarakat untuk menunggu waktu bedug itu.

Sejumlah titik, menjadi lokasi sebagian masyarakat untuk memancing seperti di tepi jalan Selayang Pandang (SP), dan depan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa. "Saya pribadi lebih memilih untuk memancing, mungkin karena lokasi tempat kita tinggal yang berdekatan dengan laut, ya.

Biasanya ketika cuaca sudah tidak panas, seperti pukul empat sore, saya sudah keluar rumah untuk memancing. Hitung-hitung menunggu waktu berbuka," ujar Ian salahseorang warga Tarempa Kamis (1/6/2017).

Bapak satu orang anak ini, bahkan tidak jarang mengajak istri serta anaknya untuk melakukan aktivitas tersebut. Soal ikan yang didapat, diakuinya tidak terlalu ia hiraukan. Namun tidak jarang, rezeki Tuhan kerap datang sehingga ia bisa membawa hasil ikan tangkapan pulang ke rumah.

"Terkadang bawa anak istri juga. Jadi, keluar pakai motor, jalan-jalan. Waktunya (memancing) tak tentu juga. Biasanya pukul lima atau setengah enam sore sudah pulang. Tidak terasa juga waktu ini kalau memancing, tahu-tahu waktu sudah mau berbuka," ungkapnya seraya tersenyum.

Tidak hanya memancing, pergi ke sejumlah lokasi wisata, menjadi pilihan masyarakat Anambas khususnya di Pulau Siantan untuk menunggu waktu berbuka. Tak perlu mewah-mewah dan menguras biaya, sejumlah destinasi wisata seperti Pantai Pasir Manang di Tanjung Momong Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan hingga air terjun Temburun, kerap menjadi lokasi masyarakat untuk menunggu waktu berbuka.

"Biasanya yang saya lakukan seperti itu, apalagi hari libur seperti sekarang ini," ujar Usman warga Tarempa lainnya. Ia mengatakan, selain berkeliling kota Tarempa dan sekitarnya, hal itu juga ia manfaatkan untuk berburu makanan dan minuman untuk berbuka. Buah kurma dan aneka jajanan dan kue khas kampung kerap ia beli untuk berbuka.

"Ada epok-epok isi kentang dan ikan, risoles dan aneka kue basah. Saya pribadi biasa membeli ketika waktu bedug hampir tiba. Jadi, usai jalan-jalan baru membeli untuk berbuka," ungkapnya lagi.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved