Hore! Selama Mudik dan Balik Lebaran 2017, Tol Bawen-Salatiga Gratis

Hore! Selama Mudik dan Balik Lebaran 2017, Tol Bawen-Salatiga Gratis. Begini penampakan lokasinya!

Hore! Selama Mudik dan Balik Lebaran 2017, Tol Bawen-Salatiga Gratis
KOMPAS.com/DANI PRABOWO
Gerbang Tol Salatiga yang berada di Kecamatan Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah. Gerbang tol ini menjadi ujung dari ruas Tol Bawen-Salatiga. Gambar diambil pada Kamis (25/5/2017) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, SALATIGA-Jalan Tol Semarang-Solo seksi III, yakni ruas tol Bawen-Salatiga dipastikan berfungsi pada arus mudik Lebaran 2017 mendatang.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Ramadhan Idul Fitri 1438 Hijriyah di Ruang Dharma Satya Kantor Setda Kabupaten Semarang, Rabu (31/5/2017) siang.

Baca: Heboh! Tertangkap Ngamar Dengan Suami Orang, Wanita Ini Malah Ajak Polisi Beginian!

Baca: Sebelum Jadi DPO Filipina, Lulusan Sekolah Penerbangan Ini Mendadak Keluar Grup WA Keluarga

Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Fauzi Abdurrahman mengemukakan, ruas tol sepanjang 17,5 kilometer tersebut akan dibuka pada H-7 Lebaran.

"Karena masih bersifat fungsional, kendaraan yang melintas hanya cukup membayar tarif tol dari Semarang ke Bawen saja. Selebihnya dari ruas Bawen ke Salatiga gratis," kata Fauzi.

Berkaca pada kejadian Brebes Exit (Brexit) pada Lebaran tahun lalu, PT TMJ telah mengambil langkah antisipatif guna menghindari kemacetan panjang di exit toll Tingkir (Tingxit). Antara lain dengan sistem buka tutup berdasarkan panjang antrean di pintu tol Tingkir.

"Jadi panjang antrean berapa kami sudah ada standard operational procedure (SOP). Kami ada rekayasa lalu lintas. Jadi kalau sudah sampai kilometer 52 kami alihkan ke (exit) Bawen," jelasnya.

Begitu pula jika pengalihan ke luar Bawen terjadi antrean hingga satu kilometer, maka akan dilakukan pengalihan ke pintu keluar (exit) Ungaran.

"Itu SOP-nya sudah kami sampaikan dalam rakor lintas sektoral tadi," imbuhnya.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help